4 Tren Teknologi untuk Meningkatkan Customer Experience

Pengalaman pelanggan adalah area di mana bisnis dapat benar-benar membedakan dirinya dari pesaing. Dengan teknologi yang mendorong inovasi, konsumen dapat berekspektasi untuk menantikan brand utama akan berusaha keras untuk memastikan harapan tersebut terpenuhi dan bahkan melebihi.

Berikut adalah 4 tren teknologi CX menarik yang akan memainkan peran yang semakin penting bagi perusahaan pada tahun 2016:

  1. Layanan Omnichannel. Salah satu rasa frustrasi yang paling umum diungkapkan oleh pelanggan adalah mengulang masalah untuk beberapa orang agent layanan pelanggan. Layanan Omnichannel telah dikembangkan untuk memecahkan masalah ini. Mencapai integrasi channel, layanan omnichannel efektif untuk masa depan karena akan menyimpan dan membawa interaksi masa lalu dan data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih mudah di semua saluran layanan. Mereka harus melakukannya dengan cepat, dan dengan informasi yang relevan yang dibutuhkan untuk memastikan pelanggan puas. Yang paling penting, perusahaan harus menyampaikan pengalaman ini dengan cara yang ‘manusiawi’ dan memelihara hubungan yang bermakna dengan pelanggan.
  2. Individualisasi Melalui Big Data. Analisis data besar adalah mengubah cara operasi bisnis dan berkomunikasi dengan pelanggan. Ketersediaan dan demokratisasi informasi adalah membawa wawasan perilaku pelanggan, preferensi, dan isu-isu yang mempengaruhi pengalaman pelanggan. Dengan memanfaatkan data besar, brand memiliki kesempatan untuk memperlakukan pelanggan lebih seperti individu, dan membangun hubungan jangka panjang yang bermakna. Hasilnya adalah pelanggan lebih mungkin untuk membeli jasa atau produk dari waktu ke waktu. Big data menyajikan brand dengan memungkinkan mereka untuk mengantisipasi apa yang akan diminta pelanggan terlebih dahulu dan membantu mereka meningkatkan interaksi pelanggan, serta mengidentifikasi keluhan pelanggan dan passion point lebih efektif.
  3. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Seiring dengan virtual reality dan mobil tanpa pengemudi, kecerdasan buatan (AI) mungkin adalah hal yang paling dalam teknologi sekarang. Perkembangan AI akan memiliki implikasi besar bagi industri customer care karena memungkinkan bisnis untuk menentukan skala melalui percakapan individual yang relevan dan pada skala waktu otomatisasi proses bisnis yang sama. Dengan AI, perusahaan dapat belajar lebih banyak dari interaksi mereka dengan pelanggan, dan lebih memberdayakan tim layanan pelanggan dengan informasi yang lebih berguna. Pada akhirnya, lebih maju sistem AI akan meniru kemampuan pengambilan keputusan dari manusia untuk memberikan tanggapan proaktif yang ditindaklanjuti untuk setiap pelanggan.
  4. Memanfaatkan Messaging untuk Memberikan Komunikasi yang Transparan dan Real-Time. Dengan memanfaatkan wawasan kunci yang tersedia melalui big data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan, brand memiliki kesempatan untuk mengumpulkan umpan balik dan lebih efektif berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time. Namun perusahaan juga harus beralih bagaimana agar mereka berkomunikasi tetap relevan dengan pelanggan.

 

Credits : Peeples, Donna. http://customerthink.com/4-technology-trends-improving-customer-experience-in-2016/