5 Gaya Pengambilan Keputusan Para CEO yang Berfokus pada Pelanggan

CEO adalah pembuat keputusan utama dalam sebuah organisasi, sehingga penting untuk memahami gaya pengambilan keputusan CEO yang berfokus pada pelanggan.

Mereka Memutuskan dengan Kejelasan Tujuan

Kejelasan tujuan mengacu pada beberapa konsep dan dapat diidentifikasi dengan cara yang berbeda oleh orang yang berbeda.

  • Sebagai seorang pemimpin, Anda paham betul bahwa tujuan tertinggi Anda adalah mendukung kehidupan pelanggan Anda.
  • Bagaimana Anda memandu perusahaan dan tindakan orang-orang.
  • Bagaimana pekerjaan diprioritaskan dan dipahami dari kejelasan tujuan yang dapat meningkatkan kehidupan pelanggan.

Mereka Memandu Perilaku Perusahaan dengan Ketegasan

Seorang pemimpin yang berorientasi pada pelanggan akan mengusahakan solusi semaksimal mungkin untuk pemecahan masalah pengalaman pelanggan. Menjadi penentu sangat penting untuk tetap fokus pada pengalaman pelanggan.

Mereka Menyatukan Organisasi

Menyatukan bukan berarti konsensus, namun membuat semua pihak menyatu dalam sebuah acuan bersama. Para CEO akan mendiskusikan hal-hal seperti :

  • Bagaimana kondisi pertumbuhan?
  • Apa yang akan mereka lakukan dan tidak akan mereka lakukan untuk pelanggan dan karyawan untuk membuat penjualan, mengalahkan kompetisi, atau membuat kuartal?

Mereka Fokus pada Penyampaian Nilai Organisasi

Pertama, CEO yang fokus terhadap pelanggan harus memahami nilai dari produk atau jasa mereka untuk pelanggan. Kedua, CEO yang fokus terhadap pelanggan harus memahami nilai karyawan mereka, atau bisa disebut sebagai pelanggan internal. Tanpa memahami, mengapresiasi, dan belajar nilai dari orang yang bekerja untuk Anda, maka akan sulit dalam proses pengambilan keputusan.

Kepemimpinan “Salmon”, atau Menjadi Tidak Takut Berenang Melawan Arus

Mencoba menjadi pemimpin yang fokus kepada pelanggan sangat sulit (jika mudah, semua orang sudah melakukannya). Pasar adalah satu hal yang sulit diprediksi. Apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan terkadang tidak masuk akal. Hal ini membutuhkan beberapa pilihan besar dan beberapa lompatan kepercayaan.

Pemimpin pelanggan membutuhkan keberanian seperti ikan salmon yang selalu berenang melawan arus. Ikan salmon mendorong ke tujuan, tanpa cedera oleh perlawanan. (MZ)

Credits : Jeanne Bliss

http://customerthink.com/5-decision-making-styles-of-customer-focused-ceos/