Benchmarking Singapore

Setelah melalui hari pertama benchmarking yang cukup melelahkan, hari ini dimulai dengan kunjungan ke Verizon. Beruntung mereka masih bersedia untuk melakukan rearrangement.

Ada hikmah dibalik delay penerbangan kemarin, dan terima kasih buat bu Nunuk dari Kereta Api Pariwisata sebagai Travel Agent, yang telah mengakomodasi berbagai perubahan yang signifikan. Perubahan penerbangan ke Garuda dan extend hari pelaksanaan Benchmarking juga dilakukan. Service recovery mindset yang sangat bagus.

Keakraban diantara tim benchmarking sangat terasa, apalagi ada salah satu peserta yang suka memecahkan kesunyian dengan leluconnya. Kesempatan mendarat di Changi digunakan untuk foto2 sepuasnya, kayaknya tidak ada penumpang lain. Suasana imigrasi juga kosong, jadi sangat lancar proses nya, memberikan kenyamanan.

Dalam kunjungan ke Cisco EBC kemarin, rekan-rekan mendapatkan banyak hal baru. Perkembangan teknologi pelayanan serta arah inovasi. Proaktif pelayanan, dengan teknologi yang semakin social, mobile, virtual dan visual. Dipamerkan dengan berbagai keunggulan aplikasi layanan berbasis web services. Termasuk dipamerkan teknologi recording, reporting dan social media. Thanks buat pak Chandra Herawan dari Cisco yang telah membantu melakukan arrangement.

Walaupun kelelahan, suguhan Starbuck dan snack mampu membuat kantuk peserta tertahan dan fokus pada informasi yang diberikan. Apalagi pembicaranya mampu membawakan suasana yang nyaman dan komunikasi yang baik. Dengan membawakan presentasi teknologi yang disertai lelucun yang segar, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam waktu singapore.

Menyelesaikan kunjungan dengan banyak informasi dan ke Hotel untuk menyelesaikan sisa kantuk yang harus segera diatasi serta perut yang sudah harus diisi. Dengan kreatif tim Travel Agent sudah menyediakan makanan dalam bingkisan yang cantik menyertai peserta yang selesai check in, dapat menikmatinya.

Masih ada suara-suara yang terdengar sampai tengah malam, ada yang mau jalan malam melihat suasana Singapore, namun kelihatannya mayoritas, sudah tak sanggup menahan mata yang harus segera istirahat.

Banyak cerita sepanjang perjalanan benchmarking kali ini. Kita lanjutkan dalam tulisan berikutnya.

Regards,

Andi Anugrah

+62811944345

powered by Telkomsel BlackBerry®