Bisnis dengan Fokus Pelanggan Terbaik Selalu Menang

Apapun latar belakang usaha Anda, tanpa pelanggan, usaha Anda tidak akan ada artinya. Ditambah lagi dengan kemudahan dan konektivitas media sosial dan situs review online, pelanggan akan semakin mengetahui tentang produk dan perusahaan Anda. Di Era Pelanggan, bisnis dengan pengalaman pelanggan terbaik adalah yang paling mungkin untuk menang.

Pelanggan Saling Mempercayai Satu Sama Lain Dibandingkan dengan Mempercayai Anda

Ketika pelanggan mengalami hal baik atau buruk tentang produk atau perusahaan Anda, maka mereka akan cenderung untuk menceritakannya kepada orang lain. Dulu, sebelum era sosial media, satu orang dapat menceritakan kepada paling tidak sembilan orang. Sekarang, dengan media sosial, satu kali posting setidaknya dapat mencapai 42 orang.

Bahkan jika mereka tidak berada di media sosial, pelanggan Anda memiliki ulasan online sebagai seorang juru bicara. Bahkan bisnis besar dengan kampanye iklan yang didanai tunduk pada kekuatan suara pelanggan. Dan ingat akan hal ini, pelanggan potensial melakukan ulasan positif secara online dengan serius, tetapi pelanggan sebenarnya jauh lebih mungkin untuk posting review jika mereka memiliki pengalaman negatif.

Anda Tidak Dapat Mengontrol Apa yang Mereka Katakan, Tapi Anda Dapat Membentuk Perjalanan Pelanggan

Orang-orang sebenarnya tidak terlalu mengingat detail interaksi, tapi tidak ada kesulitan mengingat bagaimana detail-detail yang mereka rasakan. Ini berarti bahwa persepsi adalah menjadi bagian dari pengalaman pelanggan sebagai pengalaman pelanggan yang sebenarnya. Pengalaman pelanggan yang sebenarnya dan dirasakan terdapat tiga faktor yaitu sukses, usaha, dan emosi.

Sukses. Apakah pelanggan mencapai tujuan dari kunjungan mereka? Memungkinkan pelanggan untuk mencapai apa yang mereka ingin dapatkan adalah bagian pertama dari pengalaman pelanggan berkualitas.

Usaha. Seberapa besar upaya yang dibutuhkan untuk pelanggan? Belanja online telah mempermudah pelanggan untuk membeli sebuah produk. Sebuah tampilan yang konsisten di seluruh saluran dan solusi seperti Klik & Kumpulkan dapat menjembatani titik sentuh, sehingga mudah bagi pelanggan untuk terus membeli produk Anda.

Emosi. Emosi apa yang pelanggan rasakan ketika mereka berada di lingkungan Anda? Frustrasi, kecemasan, dan ketidakpastian akan membunuh pengalaman pelanggan yang positif. Mulai dari pemesanan pendaftaran online yang efisien, saluran komunikasi dengan alasan yang relevan, kepada karyawan yang berwawasan luas, Anda dapat mendukung emosi positif dari awal sampai akhir.

Bagian akhir adalah suara pelanggan. Sebelum pelanggan Anda meninggalkan tempat Anda, beri mereka kesempatan untuk berbagi umpan balik atau respon mereka, sederhana, jujur, dan cepat. Menunjukkan Anda peduli tentang pendapat mereka.

Credits : Husmark, Sven-Olof. http://customerthink.com/how-the-business-with-the-best-customer-focus-always-wins/