Ciri-Ciri Pemimpin Terbaik

Saya sering ditanya apa yang saya cari dalam kepemimpinan. Pertanyaan tersebut biasanya seperti, “Anda telah pergi ke banyak organisasi yang berbeda dan melihat banyak gaya yang berbeda, bagaimana pendapat Anda tentang apa yang membuat seorang pemimpin efektif?” Ini adalah pertanyaan besar dan beberapa hal datang ke pikiran.

Salah satunya adalah, keaslian. Jadilah diri sendiri. Kita semua mengalami kegugupan dan ketegangan yang berbeda. Saya telah melihat banyak gaya yang berbeda bekerja dengan baik, dari pendekatan karismatik stereotip untuk mereka yang lebih tenang, bahkan pemalu. Gaya yang berbeda bisa sama-sama efektif bila pemimpin benar untuk diri mereka sendiri dan ketika mereka membangun visi bahwa orang dapat saling berhubungan dan percaya.

Sifat kedua adalah komunikasi yang efektif. Komunikasi menciptakan makna dan arah bagi orang-orang. Ketika komunikasi yang baik berkurang, gejala yang dapat diprediksi: tujuan yang saling bertentangan, nilai-nilai tidak jelas, kesalahpahaman, kurangnya koordinasi, tidak maksimal, dan moral yang rendah. Para pemimpin yang efektif cenderung untuk menjaga orang yang tahu.

Ketiga adalah kompetensi. Para pemimpin terbaik tidak selalu tahu segalanya. Tidak ada cara yang mereka bisa, tetapi mereka pasti tahu pertanyaan yang tepat untuk bertanya dan mereka mahir menempatkan tim bersama-sama dan membawa keluar yang terbaik.

Kepemimpinan yang efektif sangat penting sekarang mengingat perubahan luar biasa dalam perekonomian kita, harapan pelanggan kami dan tantangan dan peluang organisasi kita hadapi.

Credits : Brad Cleveland.

http://www.bradcleveland.com/resources/articles/traits-of-the-best-leaders/