Hal-Hal Dasar yang Wajib Diketahui Saat Memberikan Pelayanan

Pelayanan adalah hal yang paling utama dalam setiap perusahaan. Pada dasarnya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan tergantung dari latar belakang karyawan baik asal usul, bangsa, pendidikan dan pengalaman. Untuk menyamakan kualitas karyawan sesuai dengan budaya perusahaan, maka karyawan harus dibekali pelatihan dan pengembangan agar pengetahuan dan keterampilannya bertambah. Hal tersebut bertujuan untuk menyamakan pelayanan sesuai dengan standar perusahaan. Tanpa standar tertentu maka akan sulit untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Berikut hal dasar yang harus diketahui karyawan saat bekerja memberikan pelayanan :

Berpakaian, Berpenampilan Rapi dan Bersih

Berpakaian dan berpenampilan yang rapi dan bersih artinya karyawan harus mengenakan baju dan celana yang sesuai dengan kombinasi yang menarik. Karyawan juga harus berpakaian yang bersih dan tidak kumal. Pakaian yang dikenakan harus memikat konsumen. Bagaimanapun pelanggan akan senang dilayani oleh orang/karyawan yang berpakaian rapi dan bersih

Aroma Tubuh yang Segar dan Menyegarkan

Selain penampilan yang rapi dan bersih, karyawan juga harus memiliki aroma tubuh yang segar dan menyegarkan. Hindari aroma parfum yang menyengat dan aroma tubuh yang tidak enak, sehingga dapat mengganggu proses pelayanan. Dalam pelayanan karyawan juga biasanya menggunakan permen sebagai pengharum mulut.

Percaya Diri dan Selalu Tersenyum

Saat melayani pelanggan, karyawan tidak boleh ragu-ragu atau takut. Karyawan harus memiliki percaya diri yang tinggi, dan bersikap akrab dalam melayani pelanggan. Raut muka yang penuh senyum dan tidak dibuat-buat sangat dianjurkan dalam melayani pelanggan. Jangan sekali-kali melayani pelanggan dengan raut muka masam dan kurang bersahabat

Sopan Santun

Sikap sopan santun harus ditunjukkan sebelum dan selama proses pelayanan dilakukan. Dengan demikian pelanggan merasa senang dengan pelayanan yang diberikan. Lakukan pelayanan dan sesuaikan dengan kebiasaan/ budaya masyarakat setempat.

Menyapa dengan Lembut dan Berusaha Menyebutkan Nama

Pada saat pelanggan datang, karyawan harus menyapa terlebih dahulu, dan berusaha untuk mengetahui namanya. Dengan menyebut nama pelanggan, maka mereka akan merasa tersanjung dan merasa diperhatikan. Kondisi seperti ini akan menimbulkan suasana keakraban antara pelanggan dan karyawan.

Dengan menerapkan 5 hal tersebut diharapkan pelayanan yang optimal akan terlaksana dan pelanggan merasa senang karena sudah diberikan pelayanan yang terbaik. (WH)