Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pelanggan Tidak Ikuti Aturan Anda

Pertanyakan Aturan Anda

Beberapa aturan tidak memiliki manfaat yang jelas untuk pelanggan Anda. Berhenti berpikir tentang diri Anda dan perusahaan Anda sejenak. Singkirkan apa yang nyaman bagi Anda. Lihat aturan Anda dari sisi pelanggan Anda. Aturan yang tidak secara langsung dan jelas menguntungkan pelanggan Anda cenderung kurang untuk diikuti. Apa yang tampak nyaman bagi pihak Anda tidak tampak nyaman untuk pelanggan. Anda memiliki dua pilihan ketika aturan tidak jelas dan langsung menguntungkan pelanggan Anda. Salah satu pilihan adalah untuk mengubah atau menghapus aturan. Jika Anda tidak dapat mengubah aturan, lihat langkah 2.

Jelaskan Aturan Anda dengan Sejelas-jelasnya

Beberapa aturan tidak dijelaskan secara jelas. Pelanggan akan lebih mudah bingung. Mereka tidak mendengarkan ketika Anda ingin mereka mendengarkan. Mereka tidak memperhatikan apa yang Anda anggap penting. Itu karena mereka memiliki prioritas lain. Jika aturan tidak diperhatikan pelanggan, maka dapat dijelaskan ketika berhadapan langsung dengan pelanggan. Misalnya jika ada penumpang bus yang terburu-buru mengambil barang bawaannya, katakan saja bahwa mereka cukup duduk tenang menunggu sementara kru bus yang akan mengambilkan barang bawaan penumpang tersebut.

Buat Aturan Anda Mudah untuk Diikuti

Aturan bisa sulit untuk diikuti. Beberapa tidak intuitif. Lainnya tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, sulit untuk mengikuti aturan ketika orang lain tidak mengikutinya. Jadi kembali lagi seperti langkan]h pertama, yaitu pertanyakan kembali aturan Anda, jika memang tidak mudah untuk diikuti maka harus ditindaklanjuti untuk aturan yang jauh lebih mudah diikuti oleh pelanggan.

Menempatkan Bersama

Pikirkan tentang situasi dalam bisnis Anda sendiri di mana pelanggan tidak mengikuti aturan.

Apakah aturan akan dihapuskan atau diubah?
Apakah Anda bisa menjelaskan aturan yang lebih jelas?
Apakah Anda dapat membuat aturan yang lebih mudah untuk diikuti?

Perbaikan ini dapat mengarahkan lebih jauh untuk mendapatkan pelanggan Anda. (MZ)

Credits : Jeff Toister

http://customerthink.com/what-to-do-when-customers-dontfollow-your-rules/