Apakah Anda Khawatir Perusahaan Anda Diserang di Media Sosial?

Alasan terbesar pemilik perusahaan dan CEO ingin menghindari media sosial karena mereka mendengar banyak cerita seram tentang perusahaan yang membuat kesalahan kecil namun diserang di media sosial. Seringkali serangan bahkan tidak adil, beberapa orang suka hanya ingin mengeluh di publik.

Jadi mengapa Anda harus mengambil resiko bahkan berbicara dengan pelanggan di media sosial?

Anda Tidak Memiliki Pilihan Lagi
Orang-orang akan menyerang Anda di media sosial jika mereka mau. Tentu saja orang lain mungkin membela Anda, dan yang lainnya lagi memuji Anda. Salah satu cara untuk membuat masalah kecil menjadi besar adalah dengan mengabaikannya. Mengabaikan haters sama seperti melempar selimut ke kepala kita sendiri alias membutakan diri sendiri. Sebenarnya bahkan lebih buruk daripada itu, karena kemampuan media sosial untuk cepat menunjukkan kepada jutaan orang bahwa Anda bersembunyi.

Jika Ditangani dengan Baik, Anda dapat Membuat Musuh Menjadi Sekutu
Orang yang mengeluh atau mengomel tandanya mereka peduli! Melalui Anda mereka telah memberikan kesempatan emas untuk memperbaiki apa yang salah, dan mengubah kemarahan mereka menjadi dukungan.

Jika pelanggan tidak puas lebih baik beritahukan kepada perusahaan apa penyebabnya dan perusahaan akan meningkatkan pelayanannya. Kuncinya adalah perusahaan ingin mengetahui mengapa pelanggan kecewa daripada pelanggan pergi dan beralih begitu saja. Biasanya perusahaan sudah memiliki cara untuk membuat pelanggan menjadi pelanggan yang bahagia dan loyal.

Tips Lain untuk Menangani Media Sosial Tanpa Menyulut Api

Jangan Hanya Memindahkan Staff Call Center ke Media Sosial
Kebanyakan orang masih mencoba untuk memberikan pelayanan secara pribadi, jadi sangat penting untuk melayani mereka dengan baik.

Jangan Membandingkan Tingkat Layanan Pelanggan Anda Kepada Orang Lain dalam Industri Anda
Dalam pasar murni lokal di mana ada kekurangan orang yang tersedia, Anda dapat meloloskan diri dengan hal itu untuk sementara waktu, tetapi segera Anda akan kalah dari pesaing baru yang sudah memutuskan untuk membuat layanan pelanggan dalam sudut pandang diferensiasi mereka.

Berpindah dari Publik ke Pribadi
Jadilah proaktif, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan sebelum mereka marah. Bila ada yang salah, bersikap sopan, membantu, empati, dan dengan lembut mendorong pelanggan untuk membiarkan Anda membantu mereka dalam forum pribadi yang mereka pilih. (MZ)

Credits : Tema Frank

http://customerthink.com/do-you-worry-about-your-organization-being-attacked-on-social-media/