Komunikasi adalah Hak Asasi

Mungkin sebagian dari kita idak menyadari bahwa perubahan UUD45 yang telah dilakukan beberapa kali, mencantumkan hak asasi manusia untuk melakukan komunikasi. Bagi pelaku contact center yang setiap hari melakukan komunikasi dengan pelanggan, ini bisa menjadi landasan dasar bahwa manusia membutuhkan komunikasi, tidak hanya sekedar informasi. Namun butuh pelayanan dalam bentuk komunikasi yang dapat diterima.

Berikut kutipan pasal 28F, UUD45.

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”  UUD45 Pasal 28F.

Komunikasi merupakan suatu proses atau sarana penting bagi setiap manusia untuk bersosialisasi dan sosialisasi merupakan salah satu bentuk kehidupan manusia. Dalam proses komunikasi, setiap orang tentunya akan saling bertukar informasi yang ia miliki, entah itu dalam bentuk pendapat, nasehat,atau apapun. 

Untuk itu sebagai manusia Indonesia sekaligus praktisi contact center harus dapat memanfatkan ini untuk mengaplikasikan informasi yang dimilikinya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kehati-hatian. Tentunya bukan berarti kita dapat menggunakan informasi sesuka kita, ada aturan-aturan dalam masyarakat mengenai nilai-nilai kesopanan dan juga etika yang mungkin akan membatasi kita dalam berkomunikasi.

Selamat berkomunikasi dengan baik dan berharap bisa menjadi acuan bagi perbaikan pelayanan informasi publik kearah yang lebih baik.