LIbur Bersama

Tanggal 18 Mei 2012 ini ditetapkan pemerintah sebagai libur bersama, entah tujuan supaya menggerakkan perekonomian atau peningkatan produkivitas atau justru menyebabkan situasi tidak produkif. Walaupun begitu pada kenyataannya, libur bersama ini tidak dilaksanakan secara menyeluruh untuk semua jajaran pemerintahan termasuk Sekolah-Sekolah Negeri di sekitar lingkungan tempat tinggal saya. Mulai SD, SMP dan SMA, ada yang masuk sekolah. Baguslah, semoga semangat belajar.

Pada saat ada yang berlibur sementara kita harus bekerja atau sekolah, ada perasaan iri, bukankah demikian ? Kenapa mereka bisa libur, sementara kita harus bekerja, sepertinya ini tidak adil. Namun semua itu adalah pilihan, yag tidak melibatkan diri kita sendiri, namun juga melibatkan orang lain.

Bagi Rekan-rekan contact center hal ini sudah biasa, apalagi bagi yang sudah beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Istilah hari libur bersama, kayaknya tidak ada dalam kamus mereka. Libur atau tanggal merah tetap harus masuk kerja, jika sudah dijadwalkan begitu. Hal ini sudah mereka terima sebagai pilihan dan resiko pekerjaan. Agent contact center mengerti benar resiko akan tuntutan pekerjaan di contact center.

Coba bayangkan begini, ada kalanya anda akan berpikir, kenapa sih kelurahan tidak buka hari sabtu dan minggu. Bagi yang bekerja, biasanya butuh mengurus sesuatu pada hari tidak bekerja. Ada kalanya kita membutuhkan sesuatu pada jam tertentu dan ternyata penyedianya sudah tutup pelayanan.

Namun ada juga perusahaan yang menangkap peluang ini, yaitu dengan membuka layanan-layanan dilokasi yang sering dikunjungi orang pada hari libur, seperti mall. Ada bank yang buka hari sabtu/minggu, ada penjualan kartu kredit, asuransi, perumahan, atau lainnya dilakukan dalam mode berpameran di mall. Seakan mereka tidak berhenti bekerja.

Lihat saja beberapa restoran cepat saji mengemasnya dalam bentuk tempat kumpul yang tersedia 24 jam, dilengkapi dengan fasilitas internet serta bangku yang nyaman. Tentunya jika dalam ruangan dilengkapi dengan AC atau penerangan yang memadai untuk bersosialisasi atupun bekerja. Bahkan ada yang memiliki tempat parkir yang luas.

Dengan semua itu, apakah masih ada waktu untuk libur bersama ? Pastinya ada, tergantung cara kita memilih dan menikmati. Semoga berkenan adanya.

Best Regards,

Andi Anugrah ( @aanugrah )

+62-811-944345

andi@telexindo.com