Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Pekerjaan yang seolah tidak pernah berakhir dan urusan rumah tangga tentu membuat para pekerja seolah kehabisan waktu untuk dirinya sendiri. Kesibukan di tempat kerja maupun di rumah terkadang bisa sangat melelahkan.

Agar dapat menghilangkan rasa lelah baik untuk urusan pekerjaan maupun urusan rumah, ada baiknya bila seorang pekerja meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, sekedar untuk melepas penat, atau untuk mengembangkan dirinya sendiri. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat memberikan gambaran betapa pentingnya memiliki waktu untuk diri sendiri.

Prioritaskan Diri Sendiri

Jika Anda terbiasa untuk menempatkan orang lain terlebih dahulu maka akan sulit untuk memprioritaskan diri sendiri, terutama jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Tidak ada salahnya jika sesekali memikirkan diri sendiri tanpa harus khawatir memikirkan pekerjaan atau anak-anak Anda.

Bagus untuk Anda

Mengambil waktu sendiri memiliki manfaat psikologis dan fisik. Jika Anda memberikan diri Anda waktu untuk istirahat, maka Anda akan merasa segar dan lebih bahagia. Ketika Anda berfokus pada kegiatan hanya untuk Anda, tingkat stres menurun dan Anda memiliki waktu untuk mengisi ulang daya di dalam diri.

Apa yang Dimaksud dengan ‘Me Time‘?

Ada istilah Me Time, dimana artinya merujuk pada frasa ‘waktu saya’, maksudnya adalah waktu untuk diri sendiri. “Sangat penting untuk memiliki waktu untuk diri sendiri bahkan jika itu hanya setengah jam dalam seminggu. Melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti mandi dengan santai, membaca buku, atau berjalan-jalan,” kata Lorraine Thomas, Chief Executive dari Parent Coaching Academy.

Me time bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari apa yang disukai. Melakukan yoga, membaca, mencoba resep baru, apa pun yang Anda rasa ingin Anda lakukan. Atau bahkan hanya sekedar minum teh atau minum kopi di beranda rumah.

Bisa juga untuk menekuni hobi dan pengembangan diri seperti menggambar, bermain alat musik, menari, menjahit, merajut, atau mengutak-atik kendaraan, memancing, dan mendengarkan musik.

Credits :

Siobhan Harris, http://www.webmd.boots.com/women/guide/me-time