Mengelola Waktu dan Stress

Dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari, seseorang menerima berbagai macam tekanan hingga banyaknya muatan pekerjaan sampai-sampai tidak dapat mengatur waktu dengan efektif. Dua hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan dan juga kualitas kesehatan diri sendiri. Namun bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mengelola waktu dan mengelola stress?

Stress merupakan sebuah kondisi dimana fisik maupun psikis seseorang memberikan respon terhadap situasi yang terjadi pada diri mereka. Stress merupakan reaksi yang normal dan wajar terjadi, dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Namun jika seseorang kerap kali mengalami stress ditambah dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, maka akan berdampak negatif terhadap fisik dan psikis seseorang tersebut. Oleh karena hal tersebut stress management atau mengelola stress sangat diperlukan.

Seseorang harus mengenali stress yang sedang dialaminya, apakah stress ringan atau berat. Stress ringan dapat memberikan dampak positif bagi diri, yaitu untuk menantang diri sendiri agar dapat berpikir dan bertindak cepat dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi. Ada sejumlah cara untuk menghadapi stress ringan, namun cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyalurkan stress melalui kegiatan seperti hobi, olahraga, berkomunikasi dengan orang lain, meditasi, relaksasi, spa dan pijat, hiburan dan liburan, serta menerapkan istirahat atau tidur yang efektif.

Sedangkan untuk mengatur waktu agar ritme pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dapat berjalan dengan efektif, maka seseorang harus dapat memberikan prioritas dalam kegiatannya sehari-hari. Memberikan skala prioritas dapat dilakukan dengan mengkategorikan kegiatan dalam posisi penting, tidak penting, mendesak, dan tidak mendesak. Dari skala tersebut dapat dijadikan acuan untuk melakukan kegiatan yang pertama kali harus diselesaikan.

Diharapkan dengan melakukan manajemen waktu serta manajemen stress, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya. (MZ)