Off-Road Gurun Pasir

Disela acara Avaya Engage yang padat menyempatkan diri menikmati senja di gurun pasir Dubai. Menempuh satu jam perjalanan dari Hotel Atlantis ke home-base off-road gurun pasir. Dengan mengendarai Toyota Land Cruiser, 11 peserta dibagi dalam 2 kendaraan. Yang pertama adalah kelompok pria dan kedaraan kedua adalah kelompok wanita.

Dengan keinginan untuk tahu mengenai rangkaian kegiatan tour ke gurun pasir, maka saya ikut juga. Padahal sedang memakai batik dan sepatu kantoran, kayaknya kurang cocok dengan suasana gurun. Tiba di home-base masih agak terang, sehingga masih ada waltu sebelum acara off-road menjelang matahari terbenam.


Setelah menunggu 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan menuju lokasi gurun pasir. Benar saja, mobil dipacu dengan kencang di area padang pasir yang kering. Ibarat menjalani lomba balap paris-dakkar, kali ini merasakan mobil yang melewati jalur jalan yang tidak jelas arahnya. Entah mau ke kiri atau ke kanan, terserah sekehendak sopirnya saja.

Beberapa mobil dengan tipe yang sama terlihat beriringan dengan kecepatan tinggi di area gurun pasir. Semua tampak terkendali dengan baik, maklum sopirnya adalah tenaga yang mendapatkan lisensi khusus. Kendaraan memang harus dipacu dengan cepat, supaya tidak berhenti ditumpukan pasir.


Setelah hampir 1 jam dalam kendaraan yang terpacu di gurun, akhirnya tiba di tempat berkumpul. Disana berkumpul banyak kendaraan, rupanya di tengah gurun dibangun tempat makan malam buat peserta off-road. Tak kurang dari 500-an turis berkumpul dan menikmati hidangan makan malam serta tarian khas timur tengah. 

Yang jelas acara off-road ini, menjadi acara yang layak untuk dinikmati selama di Dubai. (AA)