Pegang Erat Pelanggan Anda

Bisnis yang terus berkembang membuat suatu perusahaan akan semakin memperluas jangkauan pasar. Meraih calon pelanggan potensial akan terus digalakan. Namun tentunya perusahaan tidak lantas “meninggalkan” pelanggan lama. Memberikan treatment yang baik kepada pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru harus dilakukan secara berkesinambungan.

Perusahaan harus mampu untuk mengelola beberapa poin penting. Mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru bisa didapatkan dengan adanya kualitas produk dan pelayanan yang jawara. Lalu bagaimana caranya mendapatkan banyak ikan dengan umpan yang efektif?

Beberapa poin yang tidak boleh dianggap sepele antara lain adalah tren produk, segmentasi pasar, promosi produk melalui iklan, benefit untuk pelanggan, pengukuran kualitas pelanggan, feedback pelanggan, mengelola keluhan pelanggan, dan tentunya memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan.

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, pertama adalah mendigitalisasi data pelanggan dengan menggunakan CRM (Customer Relation Management), data ini dapat digunakan untuk engagement dengan pelanggan. Kedua, memaksimalkan penggunaan media sosial yang multifungsi sebagai media promosi dan engagement dengan pelanggan. Ketiga, menawarkan diskon agar terjadi repeat purchase dari pelanggan. Keempat, sedapat mungkin menyapa pelanggan atau memberikan pelayanan dengan menyebutkan nama pelanggan agar lebih intim. Terakhir adalah memantau kepuasan dan loyalitas pelanggan.