Pengembangan Kompetensi

28 Februari 2018, QUIZ 6 : Jelaskan 3 cara pengembangan kompetensi anda beserta alasannya ?

Mardianto (mardianto_0107)

Pengembangan potensi saya dengan cara :

  1. Belajar dunia contact center adalah pekerjaan yang unik dan menuntut seorang agent harus bisa menjawab semua hal yang ditanyakan pelanggan, sehingga sejalan dengan “Long life education”.
  2. Berlatih melakukan sesuatu yang sudah kita pelajari, kita bisa saja berlatih banyak hal di dunia contact center, misalkan kita berlatih tarik suara untuk memunculkan suara terindah kita saat melayani pelanggan.
  3. Berbagi banyak hal tentang apa yang telah kita pelanjari dan kita latih, berbagi kepada semua rekan kerja terkait dengan info produk terbaru, visi misi perusahaan, tips-tips menangani berbagai macam pelanggan, sehingga kita bisa bermanfaat bagi banyak insan di tempat kita kerja yaitu dunia contact center penghubung pelanggan dan perusahaan.

Dian Pranata Negara (dianpnegara)

Sebagai pusat layanan TIK Kementerian Keuangan Pusintek mempunyai tugas penting dalam Menjalankan Layanan TIK. Tentu untuk pengembangan Kompetensi di perlukan beberapa hal :

  1. Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Keahlian. dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi keahlian tentu kita akan menambah wawasan informasi terbaru dan dari orang yang ahli di bidangnya, dan dengan mengikuti sertifikasi bidang tersebut akan menjadikan kita Agent yang profesional dan memperkuat kepercayaan user bahwa kita telah melakukan yang terbaik.
  2. Bereksperimen atau mencoba dengan Teori/Ilmu/Hal baru secara otodidak yang pastinya akan membuat kita yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Dengan mencoba yang mana terkadang kita berpikir secara teori susah, ternyata setelah dicoba langsung mudah.
  3. Belajar atau meminta Sharing dari Senior yang sudah berpengalaman bekerja dibidangnya. Karena hampir 60% pengetahun yang didapat adalah pengalaman bekerja secara langsung, sehingga menjdi pengalaman tersendiri dan menjadi teknik tersendiri.

Terima kasih

-Service Desk Pusintek Pusat Layanan TIK kementerian Keuangan-

Roesdaniel Ibrahim (roesdanielibrahim)

Bicara pengembangan diri yang saya alami, tak terlepas dari salah satu buku yang saya baca. Dalam buku tersebut saya menemukan kalimat Ajaib yang membuat siapa pun yang melakukannya akan Sukses. Kalimat itu adalah “Lakukan lebih dari apa yang dibayarkan saat ini dan suatu saat dirimu akan dibayar lebih dari apa yang dilakukan”. Membaca kalimat tersebut, akhirnya saya menemukan 3 formula Ajaib yang bila dilakukan kita semua akan sukses mencapai apa pun. 3 formula yang bikin hidup SIP adalah:

  1. Selalu ingat diatas langit masih ada langit. Lakukan evaluasi dan analisis SWOT berkala terhadap diri sendiri dan kompetitor. Kurangi merasa diri puas dengan posisi saat ini (comfort zone), mencibir kesuksesan orang lain dan mengeluh pada setiap tantangan atau perubahan. Belajarlah dari kesuksesan orang lain, apa yang orang itu lakukan dan diri kita tidak lakukan. Coba lakukan satu atau dua langkah lebih baik atau lebih banyak dari orang tersebut.
  2. Indrai semua potensi. Lakukan pengamatan terhadap semua potensi diri dan lingkungan sekitar berdasarkan hasil analisis SWOT sebelumnya. Hasil pemetaan kekuatan ini akan berguna bila dikomunikasikan dengan diri (self talk). Brainstrom semua kemungkinan yang dapat dilakukan beserta targetnya dan kenali secara visual, auditory, kinestetik, olfaktory dan gulfaktory (VAKOG).
  3. Pasion dan presistence dalam menjalankannya. Lakukan semua list rencana langkah kedua dengan sabar dan tekun hingga tuntas serta pantang menyerah. Sebab semua rencana hanyalah rencana bila tidak dilakukan secara konsisten. Ingatlah lakukan usaha terbaik kita sebagai manusia dan serahkan sisanya pada Tuhan. Dia yang maha melihat, senantiasa melihat siapa yang bertahan lebih lama untuk terus berusahan dan berdoa mendapatkan apa yang diinginkan. Demikianlah uraian 3 formula yang membuat hidup saya terasa SIP untuk dibagikan.