Perkuat Cakar, Perlebar Sayap

Dunia kerja senantiasa berkembang dan semakin kompetitif. Kebutuhan akan softskill dan hardskill yang terasah dengan baik semakin tinggi. Sebelum menuju softskill dan hardskill yang mempuni, ada baiknya jika seorang officer membangun beberapa hal yang mendasar dalam dirinya, untuk meningkatkan kekuatan dan kualitas pribadi.

 

Pertama adalah menilai kemampuan diri sendiri. Temukan kelemahan-kelemahan di dalam diri sendiri secara objektif. Misalnya, salah satu kelemahan yang menghambat kemampuan public speaking, yaitu tidak percaya diri. Setelah diidentifikasi kelemahan tersebut, segera temukan solusinya. Solusi dapat dicari sendiri atau bertanya dan meminta masukan pihak lain. Penting juga untuk mengakui kesalahan dan menerima masukan dari pihak lain.

 

Kedua adalah kebutuhan akan saran dan masukan pihak lain. Terkadang solusi yang sudah ditemukan sulit untuk dijalankan, atau tidak yakin untuk menjalankannya. Maka disinilah peran pihak lain dibutuhkan. Pihak lain ini bisa keluarga, teman, atasan, atau ahli. Dapatkan saran yang objektif, kemudian rencanakan langkah-langkah untuk mencapainya.

 

Ketiga adalah menentukan visi dan misi yang berarti dan dapat diraih. Visi dan misi akan membantu menuju arah yang ingin dituju. Misi mewujudkan visi, susun misi secara terperinci, dijadwalkan dengan matang, dan dapat diukur dengan hasil nyata.

 

Keempat adalah perbaikan dan perubahan secara berkelanjutan. Semua hal yang sudah dijalankan melalui misi, akan terlihat hasilnya. Jika hasil yang diraih belum sesuai ekspektasi, maka lakukanlah perbaikan.

 

Akar atau dasar-lah yang harus diperkuat terlebih dahulu, sementara perkembangan diri akan berjalan beriringan dengan hal tersebut.