Pesawat, Hotel, dan Online Travel

Pesawat, Hotel, dan Online Travel

Perjalanan seru dengan bantuan fasilitas online travel dari aplikasi di handphone coba kami jalankan dalam beberapa hari di bulan Desember. Sengaja kami tidak melakukan booking pesawat atau hotel lebih awal, karena jadwal kegiatan pekerjaan yang bisa berubah sesuai dengan kondisi di lapangan.

Perjalanan pertama menggunakan Citilink dari Jakarta ke Semarang, kali ini dengan pesawat Airbus A320 dipesan dari tiket.com. Di Semarang kami sempat menginap 1 malam dan memesan Hotel via Traveloka, hotel yang dipilih lokasinya dekat dengan kantor pelaksanaan pekerjaan kami.

Yang dilanjutkan dengan penerbangan dari Semarang ke Surabaya dengan menumpang pesawat Wings Air, pesawat ATR 72-500. Seru juga menumpang pesawat ini, pakai baling-baling, disertai sedikit guncangan selama perjalanan. Ada delay selama kurang lebih 1 jam, sehingga kami harus tiba agak malam.

Benar saja, kondisi Gunung Agung di Bali menghalangi kami ke Denpasar dan memilih lanjut ke Makassar. Untuk itu dari Surabaya, kami melanjutkan perjalanan ke Makassar dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia type ATR 72-600. Tentunya berbeda dengan type ATR 72-500, pesawat ini tanpa baling-baling, lebih baru dan terasa lebih nyaman. Kami membeli tiketnya juga melalui fasilitas online.

Penerbangan ke Balikpapan dari Makassar kembali menggunakan Garuda Indonesia, dengan pertimbangan jadwal kerja yang padat dan butuh waktu yang on-time. Kali ini menggunakan pesawat yang lebih besar. Namun saya tidak mengingat type pesawatnya. Yang jelas pramugarinya lebih cantik dan muda diantara jalur penerbangan lainnya.

Kami memilih hotel yang sedang promosi di fasilitas order online traveloka untuk menginap semalam di Balikpapan. Tak banyak yang ingin dikerjakan selain makan Kepiting di Balikpapan, sehingga kami memilih hotel yang lokasinya tidak dekat mall. Kami memilih swiss bellin hotel, yang semoat keliru dengan Swiss Bell Hotel.

Dari Balikpapan, kami melanjutkan ke Medan dan transit di Jakarta, kali ini menggunakan Garuda Indonesia dengan type pesawat Boing 737-800 atau Airbus A330-200. Entahlah, tidak terlalu memperhatikan dan mengingat dengan jelas. Yang pasti mendapatkan hidangan makan 2 kali.

Sampai di bandara Kuala Namu, kami melakukan pemesanan hotel via aplikasi mobile. Akhirnya mendapatkan hotel dengan harga yang lumayan murah di dekat bandara. Kami memilih The Crew Hotel, yang merupakan salah satu anak usaha dari Lion Group. Saat sarapan terlihat banyak pilot dan pramugari yang menginap disini.

Melanjutkan penerbangan ke Palembang, kami menggunakan pesawat Air Asia dengan type pesawat Airbus A320. Jadwal yang cocok dengan kebutuhan kami hanya jadwal Airline ini, karena Garuda Indonesia terlalu pagi. Pembelian juga dilakukan dengan fasilitas online sehari sebelumnya.

Kali ini kami memilih menginap di Amaris Palembang, lokasinya dekat dengan keramaian, sehingga mudah kami mencari makan. Apalagi Palembang sedang dilanda kemacetan di jam kantor. Tak lupa kami menikmati masakan ikan pindang khas palembang.

Selesai tugas di Palembang, kami kembali ke Jakarta dengan pesawat Citilink, dengan type pesawat yang sama A320. Berkat bantuan online travel pada aplikasi mobile sangat membantu kami melakukan pemesanan. Apalagi dengan jadwal yang padat dan harus mengatur lokasi yang dekat dengan lokasi pekerjaan. (AA)