Priceless Experiences

Bagi sebagian peserta benchmarking Singapore bisa jadi ini adalah perjalanan pertama mereka ke Singapore atau bahkan keluar negeri. Kesempatan untuk mencoba berbagai hal baru bagi mereka dan juga bagi saya yang menemani adalah pengalaman berharga. Saling mengenal lebih dekat dengan orang yang berbeda dan suasana yang lebih akrab. Dari wajah yang murung karena delay pesawat, berubah menjadi ceria dengan perubahan jadwal benchmarking.

Dari wajah yang serius mendengarkan sharing dari pembicara, sampai dengan gelak tawa canda dari joke yang dilemparkan oleh si jablay. Dari wajah yang heran melihat harga-harga barang dalam satuan dollar, menjadi gembira dapat membeli oleh2. Dari wajah tegang habis menikmati roller coaster menjadi wajah manis saat di foto diberbagai sudut USS.

Ada juga yang belum pernah naik kereta api MRT, pengalaman membeli tiket, masuk gerbang sampai dengan keluar gerbang di stasiun berikutnya. Tak lupa celingak celinguk memperhatikan apa yang sedang terjadi disekeliling. Tak peduli orang lain, narsis tetap foto2 diatas MRT.

Yang sok yakin dan hapal Singapore ada juga, dan tentunya kesasar adalah hal yang wajar bagi mereka. Dampaknya, yah anda tahu sendiri harus capek berjalan kaki dari ujung satu ke ujung lainnya. Namun kalau ketemunya pasar, apalagi seputar hotel ada Bugis street yang harganya miring, duh … Walaupun capek, Hatinya tetap senang.

Semuanya adalah pengalaman berharga. Kapan giliran anda ?