Siapkan SDM Berkualitas dengan Pembekalan Dasar Contact Center

Pembekalan dan pelatihan dasar contact center

Diantara banyaknya tugas yang dilakukan oleh Tim PMO (Partnership Management Officer) PT Telexindo Bizmart, salah satunya adalah melakukan kegiatan rekrutmen. Dengan panjangnya rangkaian rekrutmen ini, Tim PMO melakukan inovasi terbaru demi menyiapkan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah memberikan pembekalan dan pelatihan dasar contact center kepada seluruh kandidat yang belum memiliki kemampuan dasar mengenai contact center.

Kegiatan pembekalan dan pelatihan dasar contact center ini diselenggarakan di Gedung Graha Seti lantai 2 yang beralamatkan di Jalan K.H Abdullah Syafe’i, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis, 7 November 2019. Dimulai pada pukul 09:00 WIB dan diikuti oleh beberapa peserta kandidat yang siap untuk ditempatkan di mitra kerja PT Telexindo Bizmart, kegiatan pembekalan ini memakan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam.

Pembukaan pembekalan oleh Agoeng Nugroho

Pembekalan dan pelatihan dasar contact center ini diawali dengan kegiatan pembukaan yaitu mengisi data kandidat melalui aplikasi oleh Agoeng Nugroho dan untuk materi pembekalan dibawakan langsung oleh Syafrida Zuhalyanti dengan membedah dan memaparkan 3 modul dasar contact center dalam satu kali pertemuan. Modul pertama yang dibawakan adalah mengenai tugas dan tanggung jawab agent contact center. Modul kedua menjelaskan mengenai keterampilan komunikasi yang harus dimiliki oleh agent contact center. Dan modul yang terakhir adalah materi mengenai proses pelayanan contact center.

Kegiatan pembekalan yang dibawakan langsung oleh Syafridha Zuhalyanti

Dalam sesi pembekalan ini Syafridha juga memberikan pre-test dan post-test untuk para kandidat yang dikemas ke dalam sebuah permainan berupa aplikasi yang didalamnya terdapat pertanyaan mengenai materi dasar contact center. Seluruh kandidat memperlihatkan keantusiasan mereka. Ada yang terus aktif bertanya, ada yang dengan lantang membacakan skrip contact center, ada yang masih malu-malu dan ada pula yang berani memberikan pendapatnya pada saat sesi praktik berbicara dan berkomunikasi secara langsung memeragakan dirinya sebagai agent contact center.

Kandidat berlatih membuat alur standar percakapan

Kegiatan pembekalan dan pelatihan dasar contact center ini diakhiri dengan mengisi dan menjawab kuis-kuis yang telah disediakan oleh Tim PMO. Bagi kandidat peraih point tertinggi dalam menjawab kuis yang diberikan, mereka mendapatkan hadiah yang telah disediakan.

Kandidat yang telah membuat skrip contact center memeragakan dan menjelaskan skrip yang telah dibuat

Salah satu kandidat yang bernama Noprida A Pakpahan, di akhir pembekalan menyampaikan kesan dan pesannya dalam mengikuti kegiatan pembekalan ini. Novri menyatakan “Aku dapet manfaat banyak banget dari pelatihan dan pembekalan contact center ini, yang pertama aku dapet temen-temen baru, aku dapet trainer yang muda-muda, cantik-cantik, lucu-lucu. Untuk materinya cukup jelas mengenai contact center, bagaimana kita menangani konsumen, komunikasi dengan konsumen yang baik dan benar. Aku rekomendasiin banget nih buat temen-temen disini kalau mau pelatihan khusus contact center di sini aja.”

Kegiatan pembekalan dan pelatihan dasar contact center ini berakhir pada pukul 14:00 WIB. Rencananya kegiatan ini diadakan secara rutin sebanyak 1 kali selama 2 minggu tanpa memberika beban biaya apapun kepada peserta. Berharap dengan memberikan pembekalan dan pelatihan dasar contact center kepada kandidat yang ditempatkan di mitra kerja PT Telexindo, Tim PMO dapat mencetak dan mempersiapkan SDM contact center yang terlatih dan berkualitas . (WH)