Social Advertising

Dulu, gambaran menghubungi layanan pelanggan di sebuah perusahaan adalah menelepon, menunggu, dan belum tentu mendapatkan solusi hari itu juga. Namun image tersebut semakin lama semakin bergeser dengan semakin berkembangnya teknologi contact center dan keberadaan saluran lain, salah satunya adalah media sosial.

Bahkan tren saat ini, perusahaan startup tidak mencantumkan nomor call center di laman mereka, melainkan lebih mengutamakan menggunakan email, media sosial, maupun web-chat sebagai bentuk layanan pelanggan mereka karena kemudahan yang ditawarkan strategi ini. Media sosial telah mengubah cara berinteraksi antara pelanggan dengan perusahaan secara langsung tanpa gangguan pihak manapun. Ketika belum ada jawaban pun, pelanggan tidak harus menunggu melalui telepon, namun dapat sewaktu-waktu dikirimkan jawaban yang lengkap melalui email maupun pesan di media sosial.

Ketika satu pelanggan mengajukan pertanyaan spesifik di Twitter, setiap follower dari brand tersebut memiliki akses ke jawaban tersebut. Kemampuan untuk menjawab pertanyaan setiap saat inilah yang memberikan lebih banyak kebebasan kepada pelanggan untuk mengeksplorasi produk dan layanan brand sesuai kebutuhan mereka.

Perusahaan, terutama startup yang sedang berkembang, harus memanfaatkan promosi dengan menggunakan media sosial. Jika perusahaan Anda memiliki pengelola atau administrator untuk aplikasi perpesanan, social profile, dan saluran telepon sepanjang waktu, maka Anda harus menemukan cara untuk mengkomunikasikan dedikasi Anda terhadap layanan melalui iklan media sosial berbayar dan meningkatkan posting di media sosial.

Sebagai tambahan, review pelanggan, kutipan, maupun testimonial dalam iklan sosial juga sangat membantu dalam mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan saat ini cenderung lebih mempercayai testimonial dari pelanggan lain daripada brand baru itu sendiri. Jadi, social advertising atau iklan sosial ini akan sangat membantu brand perusahaan Anda untuk mendapatkan posisinya serta untuk mendapatkan pelanggan baru. (MZ)

Berbagai sumber