Test tertulis

Pada tanggal 09 Mei 2018, telah dilaksanakan test tertulis bagi peserta lomba the best contact center Indonesia. Test tertulis dilaksanakan dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 dan berlokasi di Balai Kartini. Test tertulis diikuti sekitar lima ratus peserta. yang mewakili sekitar empat puluh perusahaan di Indonesia. Test dilaksanakan dalam tiga sesi, dan setiap sesi nya berlangsung dua setengah jam dan satu setengah jam.

Berapa peserta test sudah hadir sekitar jam 06.00, wajah mereka ada yang terlihat tegang, mungkin karena memikirkan test yang akan mereka hadapi. Tetapi ada beberapa peserta yang juga terlihat cukup tenang.

Pada jam 08.00 test dimulai untuk sesi pertama, peserta terlihat serius menyeleseikan soal-soal yang diberikan, dan sekali-kali terdengar suara ketikan kalkulator, karena ada soal yang harus dihitung menggunakan kalkulator. Sesi pertama berahir jam 10.30, peserta dipersilahkan meninggalkan ruangan test. Sesi dua dilanjutkan kembali pada jam 11.00 dan selesei pada jam 12.30, kemudian sesi ketiga dimulai jam 13.30 sampai dengan jam 15.30.

Setelah mengikuti test para peserta masih berada dilokasi, karena mereka menunggu hasil test. Ada yang duduk-duduk bersama rekan satu perusahaan dan membahas soal-soal yang mereka hadapi tadi. Ada juga yang terlihat termenung sendiri, mungkin khawatir akan nilai hasil test nya. Tepat jam 17.00 panitia mengumumkan hasil test dengan menempelkan hasil test. Beberapa peserta yang mendapat nilai bagus terlihat mesrasa senang, tapi yang mendapat nilai tidak bagus juga tidak terlihat sedih, mungkin saja karena sudah pasrah.

Setelah melihat hasil test, satu persatu peserta meninggalkan Balai Kartini, dan mereka harus bersiap untuk lomba berikutnya yaitu lomba Presentasi.