Tragedi Sukhoi

Peristiwa kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet100 di kawasan gunung Salak Bogor telah mendapatkan liputan berbagai media dalam dan luar negeri. Bahkan di TV swasta nasional dalam beberapa hari ini seakan tak hentinya memutar ulang berita yang sama dengan berbagai foto serta komentar dari bebagai pihak. Tak kurang keterlibatan pejabat-pejabat penting di negara ini, mulai dari lurah, sampai gubernur dan presiden. Mulai dari relawan mahasiswa, sampai dengan angkatan bersenjata. Semuanya terlibat dalam duka kecelakaan ini.

Mengapa peristiwa ini mendapatkan liputan yang luar biasa besar ? Apakah karena ini menyangkut kepedulian dan rasa prihatin atas nasib korban atau nasib orang yang ditinggalkan ? Atau Apakah ini karena pesawatnya Sukhoi buatan Rusia bukannya buatan Indonesia ? Atau ada faktor lain ?

Selain dari rasa prihatin dan turut berduka cita, apakah ada pelajaran penting dari peristiwa ini bagi kita semua ? Apakah setelah ini sistem penerbangan kita akan lebih baik kontrolnya ? Atau industri pesawat terbang kita akan lebih diperhatikan ? Atau kesigapan tim SAR lebih ditingkatkan ? Atau tim forensik harus bekerja lebih cepat sehingga kantong mayat bisa cepat diindentifikasi.

Biarlah itu menjadi PR buat masing-masing pihak terkait. Kami hanya bisa ucapkan turut berduka cita dan berdo'a semoga amal ibadahnya diterima disisiNya. Semoga semua korban cepat ditemukan dan diidentifikasi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan.

Semoga berkenan adanya.

Best Regards,

Andi Anugrah ( @aanugrah )

+62-811-944345

andi@telexindo.com

Sent from my iPad