Telexindo-logo

Berita

hero
admin
·
07/09/2020

Dalam masa pandemik ini, kita mendapatkan waktu yang sama dalam melakukan berbagai aktivitas yang kita inginkan. Beberapa ada yang punya kesempatan untuk sharing, diskusi dan berbagi. Beberapa lagi ada yang punya kesempatan untuk belajar dan mendapatkan tambahan pengetahuan serta punya kesempatan berlatih untuk meningkatkan keterampilan.

Ada juga yang menunggu, hari demi hari terjadinya perubahan dan menunggu kondisi lebih kondusif. Namun perkiraan demi perkiraan seakan terbantahkan dengan kondisi yang belum menentu. Adanya penambahan jumlah pasien, kapasitas rumah sakit yang penuh, dan berbagai berita mengenai dokter yang menjadi korban. Jumlah korban tak mungkin lagi kita berspekulasi untuk tidak menjaga diri dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bagi yang optimis, berbagai berita mengenai obat dan vaksin, menjadi semangat bahwa semua ini akan segera berlalu. Berbagai perbaikan serta kesempatan berusaha yang lebih baik, seakan menjadi semangat untuk melakukan sesuatu. Upaya pemerintah dan pelaku usaha untuk menggerakkan roda perekonomian sebagai informasi yang memberikan semangat. Walaupun tak jarang kita mendapatkan berita efisiensi yang berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Membaca atau menonton berita, yang sebagian besar kita dapatkan dari genggaman tangan kita. Kita bisa mencari berita yang menyemangati kita atau sebaliknya, terfokus pada berita yang mengkhawatirkan. Kita bisa berada pada group komunikasi yang saling berdebat, penuh lelucon, penuh kebencian atau kita berada dalam lingkungan yang saling menyemangati.

Ada group whatsapp yang saya ikuti, hampir semua komunikasinya adalah sharing informasi yang menyemangati. Banyak update yang disampaikan, walaupun sesekali ada juga iklan dan lelucon, seakan menjadi variasi dalam mengisi ruang yang kosong. Sebagian anggota group tentunya hanya membaca dan ada orang-orang tertentu yang rajin memberikan informasi bermanfaat. Ada yang memberikan apresiasi atas sharing yang diberikan dan ada pula yang menganggap angin lalu.

Dalam beberapa kesempatan, ada group yang aktif memberikan sharing melalui fasilitas zoom video conference. Seakan fasilitas tersebut tidak dibiarkan menganggur, bisa pagi, siang, sore bahkan malam hari. Berbagai topik dibahas cara berbisnis, menjual, perpajakan, properti, hukum, motivasi, pelayanan dan berbagai hal lainnya. Seakan ilmu yang mereka miliki tak terbatas oleh ruang dan dimensi waktu.

Diantara banyak kejadian yang terjadi di sekitar kita, tentunya ada yang positif dan ada yang negatif. Tidak semua hal harus kita ketahui dan itu menjadi rahasia alam semesta. Menjadikan diri kita terdiam dan mengabaikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam dinamika kehidupan ini adalah sebuah pilihan. Sebaliknya mengisi sebagian waktu kita dengan berita atau aktivitas yang bermanfaat, juga sebuah pilihan.

Suatu saat kita akan memahami bahwa langkah yang kita lakukan dan berita yang kita terima adalah benar atau salah. Semua akan tercatat sebagai sejarah kehidupan. Semangat. (AA)