Berkelanjutan

Celoteh Pagi : Berkelanjutan
Instagram : @telexindobizmart

Pelayanan contact center berkembang seiring dengan kebutuhan pelanggan yang terus menerus diberikan fasilitas pelayanan yang memudahkan. Hal ini menuntut kreativitas praktisi contact center untuk terus mencari model pelayanan terbaik. Secara seimbang praktisi contact center juga dituntut untuk meningkatkan kontribusi kepada bisnis perusahaan atau kontribusi terhadap lembaga dan tetap menjaga biaya pelayanan yang lebih rendah.

Dalam masa pandemik ini, berbagai upaya yang dilakukan contact center untuk tetap dapat melayani pelanggan. Baik dengan menerapkan working form home (WFH) atau tetap bekerja di kantor. Bagi yang memiliki aplikasi yang memadai dan memungkinkan bekerja secara remote, maka mereka bisa mengatur agent bekerja secara WFH. Protokol kesehatan juga menjadi perhatian, sehingga pelayanan contact center tetap berjalan dengan baik.

Dengan segala keterbatasan dan penghematan yang dilakukan, tentunya kreativitas juga bermunculan. Menjadi penonton diantara semua gejolak dan perubahan yang terjadi tidak menyebabkan sesuatu menjadi lebih baik. Keterlibatan vendor-vendor teknologi yang menyediakan berbagai kemudahan dalam menerapkan WFH atau remote juga sangat mendukung. Walaupun mereka juga harus mengejar potensi pendapatan untuk memenuhi target penjualan.

Begitu juga dengan pengurus dan pengelola sekretariat ICCA. Dengan keinginan untuk terus memberikan informasi kepada praktisi contact center, ICCA terus menerus mengadakan berbagai kegiatan. Utamanya memberikan informasi mengenai perkembangan pelayanan contact center melalui kegiatan sharing secara online maupun via whatsapp group. Dengan mengemas berbagai acara dalam beberapa bulan terakhir membuat anggota ICCA mendapatkan berbagai informasi berbeda.

Berbagai kegiatan tentunya sangat menyita waktu, tetapi hal ini juga membantu kami melupakan berbagai kekuatiran terhadap kondisi pandemik ini. Berbagai hal dalam persiapan lomba The Best Contact Center Indonesia juga menjadi media untuk tetap berkomunikasi secara yang intensif dengan anggota ICCA. Dengan terlibat dalam kegiatan lomba, maka praktisi contact center akan terus mencari informasi yang berkaitan dengan lomba. Keinginan sebagian anggota untuk tetap melaksanakan lomba dalam masa pandemik ini, memacu panitia untuk membuat kemasan yang sesuai. Lebih hemat, lebih mudah, akan tetapi tetap harus menantang.

ICCA juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial utamanya memberikan sosialisasi mengenai contact center ke berbagai kalangan. Keterlibatan kami dalam mendukung pengembangan contact center tanggap darurat BNPB. Selain itu, secara berkesinambungan keterlibatan pengurus dalam mendukung program belajar bagi Balai Besar Rehabilitas Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD). Penyediaan sertifikasi contact center secara gratis kepada agent dan team leader serta berbagai kegiatan berkelanjutan lainnya.

Berharap kesinambungan kegiatan dan komunikasi yang dilakukan ICCA menjadikan contact center terus berkembang. Sekaligus berharap menjadi bahan pembelanjaran untuk pengembangan pelayanan contact center dan pelayanan publik yang lebih baik. Jika masih ada yang bisa kita lakukan, kenapa harus berhenti ? Ayo, tetap semangat. #CelotehPagi (AA)