Celoteh Pagi : Bahasa


Dalam lomba program korporat, kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan, khususnya dalam Bahasa Inggris. Peserta berhadapan dengan juri dari berbagai negara. Ada 16 juri internasional yang kami hadirkan untuk berdiskusi dengan peserta. Untuk itu peserta harus bisa berbahasa Inggris dengan baik dan harus didukung oleh pemahaman mengenai contact center serta perspektif bisnis. Seseorang yang berbicara dengan lancar dan memahami aspek-aspek penting dalam operasional contact center akan sangat membantu untuk menjawab pertanyaan dewan juri.

Tentunya harus didukung oleh kemampuan presentasi yang baik. Bisa menyampaikan secara terstruktur, bisa menggunakan data, bisa menyampaikan hasil secara spesifik. Ada kalanya peserta hanya berbicara dalam tatanan secara umum, sehingga tidak spesifik. Padahal jika diberikan data, atau diberikan contoh, maka akan mudah dipahami oleh dewan juri.

Inilah pentingnya mengkombinasikan antara pemahaman mengenai business proses pada contact center sebelum tampil pada kegiatan lomba korporat. Memahami detail mengenai pelanggan, kebutuhannya, dampak bisnisnya dan berbagai aspek yang terkait. Penting pula memahami beberapa indikator yang menjadi faktor pendukung keberhasilan suatu program. Jika salah memilih indikator, maka dewan juri akan menganggap suatu program kerja kurang berjalan dengan baik.

Dalam menyampaikan pendapat, ada peserta yang berani berbicara, walaupun banyak kata “eee… eee… “, wajar saja, karena ia sedang berpikir keras, kata apa yang selanjutnya harus saya ucapkan. Ada yang sangat lancar, bahkan sangat menarik mendengarkan setiap penjelasan yang diberikan. Menggunakan Bahasa Inggris yang fasih dan terstruktur, didukung dengan pemahaman masalah yang baik. Semua itu menjadikan daya tarik tersendiri. Walaupun akhirnya dewan juri bertanya berbagai hal.

Pentingnya kita belajar Bahasa Inggris, termasuk saya juga harus belajar banyak. Dalam berbagai kesempatan pidato atau wawancara dalam Bahasa Inggris, saya cukup kesulitan untuk mendapatkan kata yang tepat. Bahkan dalam menulis artikel, proposal atau email, saya masih sering dibantu oleh google translate. Saya yakin bahwa semua itu butuh latihan, jika kita menggunakannya lebih sering, maka kita akan terbiasa.

Semangat pagi, ayo berlatih. Suatu saat ada manfaatnya. Tetap semangat, sehat dan bahagia. (AA)