Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Benchmarking Pemenang

hero
Annisa N Fauzi
·
21/11/2022

27 Oktober 2022 – Setelah dua tahun pelaksanaan lomba The Best Contact Center Indonesia secara online dalam masa pandemi, akhirnya di tahun 2022 ICCA bisa memberikan hadiah berupa Benchmarking bagi pemenang Individual dan Teamwork. Jika dalam dua tahun terakhir ICCA memberikan hadiah berupa logam mulia emas Antam, maka tahun ini kembali diadakan benchmarking.

Berbeda dengan sebelum masa pandemi, benchmarking dilakukan ke luar negeri. Beberapa contact center di negara lain pun menjadi target kunjungan, mulai dari Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Filipina, Tiongkok, hingga Jepang. Kali ini lokasi yang menjadi tujuan kunjungan adalah dalam negeri, yaitu Halo BCA Semarang dan Mandiri Inhealth Solo. Selain kunjungan, para peserta juga berwisata ke beberapa destinasi di Yogyakarta, Semarang dan Malang.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 300 orang pemenang ini dikemas secara apik dengan kombinasi antara studi banding, wisata, networking, dan fun games. Rombongan dibagi dalam empat kelompok keberangkatan, yang paling kecil berangkat ke Semarang, yaitu sebanyak 26 peserta selama 3 hari di tanggal 23-24 Oktober. Sedangkan kelompok paling banyak terdiri dari 148 peserta berangkat ke Yogyakarta pada tanggal 23-26 Oktober. Lalu, ada juga yang berangkat ke Yogyakarta pada 19-22 Oktober yang diikuti oleh 60 peserta. Pemenang Platinum diberikan kesempatan pergi ke Malang, yang berangkat pada 22-26 Oktober dan diikuti oleh 56 peserta.

Alhamdulillah semua kegiatan telah terlaksana dan peserta kembali dengan sehat juga selamat. Berbagai rangkaian acara yang padat telah diikuti dan tetap semangat menikmatinya. Melihat dari foto dan video yang dishare melalui grup whatsapp, peserta kelihatannya menikmati perjalanan bersama rekan-rekan contact center. Selain itu, banyak cerita yang dialami mereka selama kunjungan kali ini. Mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman baru, mereka juga bisa mendapatkan rekan atau kenalan baru. Jika selama ini mereka berkompetisi, bersaing bersama, kali ini mereka bisa akrab dalam berbagai suasana kebersamaan.

Perjalanan wisata dalam negeri kelihatannya juga tidak kalah dengan perjalanan keluar negeri, sekaligus menumbuhkan pariwisata daerah. Keberangkatan 300 pemenang mungkin hanya kecil peranannya bagi ekonomi dan pariwisata daerah, tetapi kita telah berkontribusi bagi promosi daerah. Kita bisa menyebarkan bahwa suatu tempat menarik dan akan menjadi bahan referensi bagi banyak orang yang menjadi kenalan kita pada media sosial.

Upaya ICCA ini merupakan salah satu bentuk untuk terus memberikan program yang memotivasi pekerja contact center. Berharap mereka kembali ke contact center masing-masing dengan membawa kenangan menyenangkan, sekaligus bisa mendapatkan rekan baru untuk saling berbagi pengalaman dalam mengembangkan contact center. Bagi yang sudah berangkat benchmarking kali ini, bagaimana pengalaman anda ?

Terima kasih atas kebersamaan selama perjalanan. Jika masih kurang, tunggu edisi perjalanan selanjutnya. Teriring salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: