Celoteh Pagi: Beradaptasi

Sebagian dari kita bisa merasakan bagaimana tantangan untuk mengubah suasana rumah dalam konsep Working From Home. Ada keinginan untuk membuat kondisi rumah dengan kondisi bekerja yang ideal, baik dari memilih tempat duduk yang nyaman, memilih perangkat kerja, maupun mengatur waktu sesuai irama suasana rumah.

Beberapa diantara kita mungkin punya sesuatu yang memungkinkan melakukan perubahan, baik dengan menambah bagian dari rumah atau berbagai fasilitas lainnya. Keinginan untuk mengubah kondisi rumah, sehingga layak menjadi tempat bekerja yang ideal. Sebagian yang lain hanya menerima dengan kondisi apa adanya. Hanya merubah mindset bahwa sekarang ia sedang bekerja atau sedang melakukan kewajiban sebagai anggota keluarga.

Waktu berjalan dengan cepatnya, ada kalanya timbul rasa bosan juga, kemudian mengalihkan tempat kegiatan di beberapa tempat berbeda, bisa memilih kafe atau hotel. Ada juga yang kembali ke kantor dan berkumpul bersama rekan kerja. Pada saat kondisi pandemik turun, mereka pun kembali mencoba suasana berbeda dengan suasana kantor. Tidak kembali ke kondisi semula, setidaknya bisa mengurangi dampak psikologi selama bekerja di rumah.

Bagi yang tetap merasa nyaman di rumah dan bisa menyelesaikan berbagai hal dari rumah, maka akan mencoba berbagai aktivitas berbeda. Mengisi waktu sebelum bekerja dengan olah raga ringan, jalan santai seputaran rumah atau berbagai aktivitas hobi lainnya. Fleksibilitas yang disediakan beberapa perusahaan dengan pola kerja WFH atau Work Form Anywhere membuat mereka bisa mengatur beban kerja dan keseimbangan dengan kebutuhan hidup lainnya.

Apapun suasanya, bekerja merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita bergerak dan beradaptasi. Bekerja membuat kita bisa berpikir, menggunakan otot kita, menggunakan segala kemampuan kita untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Termasuk kegiatan saya menulis ini, telah menjadi penyaluran energi positif untuk berpikir, menggerakan jemari dan merangkai kata. Berbagi semangat bagi pembaca yang merasakan manfaatnya. Semangat pagi, tetap sehat dan bahagia. (AA)