Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Digitalisasi Pelayanan Finansial

hero
Annisa N Fauzi
·
03/01/2022


15 Desember 2021 – Semakin banyaknya aktivitas dengan menggunakan fasilitas video conference, menyebabkan adanya kebutuhan untuk berinteraksi dengan menggunakan video banking. Pelayanan pembukaan rekening sudah difasilitasi dengan video banking, selanjutnya akan ada banyak interaksi perbankan yang dapat dilakukan dari manapun. Kita nantikan saja kehadirannya.

Secara tradisional bagi nasabah, keterlibatan dengan bank merupakan hal yang tidak efisien. Untuk mendapatkan pelayanan finansial, umumnya akan memerlukan sejumlah administrasi, antrian panjang, dan membutuhkan waktu. Ketidaknyamanan ini sudah berlangsung bertahun-tahun sejak kehadiran perbankan. Hal ini juga menyebabkan penetrasi perbankan dan aktivitas perbankan masih rendah, dengan banyak penduduk yang tetap tidak memiliki rekening bank hingga saat ini.

Akses ke layanan perbankan rendah adalah sebuah kombinasi dari regulasi yang ketat, izin perbankan yang terbatas, dan nasabah dengan minim pengalaman. Di sisi lain hadirnya berbagai aplikasi finansial menjadi celah yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan finansial.

Namun, industri perbankan dan finansial dengan sejumlah pengaturan yang ketat, sekarang mengalami perubahan dan didorong oleh lisensi perbankan virtual atau digital. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital, jaringan internet, dan aplikasi mobile untuk memudahkan proses administrasi perbankan. Yang lebih penting adalah akses terhadap nomor kependudukan yang bisa digunakan untuk validasi data nasabah sehingga memudahkan perbankan untuk melakukan verifikasi data calon nasabah.

Integrasi berbagai aplikasi finansial memudahkan nasabah untuk mengelola keuangan pribadi, bahkan melakukan transaksi dan investasi. Dengan kehadiran platform digital yang semakin luas, maka membutuhkan dukungan secara digital melalui contact center. Kehadiran contact center dengan berbagai media pelayanan mendukung pelayanan finansial tersebut.

Rasanya perubahan semakin cepat dan kita bersaing untuk memberikan inovasi pada pelayanan pelanggan. Jika melihat perkembangan bisnis finansial yang memanfaatkan contact center semakin berkembang, berharap bahwa ini ada hal yang positif bagi praktisi contact center.

Sambil minum kopi atau teh di pagi hari, membaca #celotehpagi saya. Kita tunggu inovasi apa lagi yang akan dihadirkan oleh digitalisasi industri finansial. Tetap sehat dan semangat pagi. (AA)

%d bloggers like this: