Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Evaluasi Kinerja

hero
Annisa N Fauzi
·
18/07/2022

12 Juli 2022 – Setelah menyelesaikan enam bulan aktivitas tahun 2022, minggu lalu saya menyempatkan melakukan evaluasi kinerja karyawan Telexindo. Setiap unit kerja kami evaluasi dan berbagai target kinerja menjadi perhatian. Ada yang tercapai lebih dari target, ada pula yang belum maksimal. Dengan adanya evaluasi ini, kami mencoba memahami tantangan yang dihadapi dan peluang perbaikan yang perlu dilakukan.

Semangat tim dalam mencapai kinerja terlihat dari upaya mereka membuktikan bahwa mereka telah melakukan yang terbaik. Tentunya berdasarkan target kinerja yang telah disusun awal tahun. Ada yang perlu penyesuaian, ada yang perlu ditingkatkan, ada juga yang perlu dikurangi atau bahkan dihapus. Penyesuaian perlu dilakukan, sehingga kami bisa lebih fokus terhadap berbagai kondisi yang akan dihadapi. Berbagai perubahan dalam kurun waktu enam bulan telah mengubah kondisi bisnis yang dijalani.

Bagi tim yang sudah terbiasa membuat laporan bulanan dan mempresentasikan hasil kinerja, proses evaluasi adalah hal yang rutin. Tentunya menjadi ringan dan hanya perlu merangkum hasil kinerja dalam enam bulan. Namun bagi karyawan yang jarang membuat laporan, bisa jadi ini merupakan beban tambahan. Membuat laporan yang menarik, disertai data dan penjelasan yang memadai. Begitu juga harus menjawab pertanyaan, alasan target tidak tercapai atau langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

Membuat suasana nyaman dalam proses evaluasi perlu dilakukan, sehingga anggota tim bisa berdiskusi dan menyampaikan pendapat mengenai berbagai perbaikan yang perlu dilakukan. Secara bersama-sama mengevaluasi dan memikirkan pengembangan yang dilakukan. Menghadapi proses evaluasi dengan santai, akan membuka wawasan, bahkan menemukan ide-ide baru yang dapat dilakukan.

Evaluasi merupakan bagian penting dalam pengawasan kinerja, sehingga mengingatkan kita akan target yang ingin dicapai. Dengan demikian kita tahu tahapan yang sudah dilalui serta langkah selanjutnya yang akan dilaksanakan. Kalau tidak ada evaluasi, mungkin kita akan terlena dengan kondisi yang ada.

Evaluasi juga memungkinkan kita memberikan penghargaan kepada yang berprestasi. Memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk, bisa sekedar memberikan tepuk tangan atau ucapan selamat. Bisa juga sesuatu yang bisa dibelanjakan dan dinikmati bersama keluarga atau orang lain.

“Dalam perjalanan yang panjang, berhentilah sejenak untuk tahu posisi kita, sebelum melangkah lebih jauh lagi.” Begitulah evaluasi, semoga memberikan semangat untuk evaluasi diri dan terus melangkah mencapai target yang ingin dicapai. Salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: