Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Gado-Gado

hero
Annisa N Fauzi
·
03/10/2022


27 Agustus 2022 – Berdasarkan rilis CNN pada bulan Agustus 2022, ada daftar 50 jajanan jalanan terenak di Asia. Ternyata 3 diantara daftar makanan tersebut adalah makanan Indonesia. Daftar yang disebut sebagai 50 Best Street Foods terenak Asia, mencantumkan 3 makanan khas Indonesia yaitu gado-gado, getuk, dan kerak telur. Makanan lainnya dalam kategori sama berasal dari Singapura, Thailand, China, hingga Sri Lanka. Dalam daftar 50 jajanan jalanan terenak di Asia ini, CNN tidak memberi peringkat makanan. Namun hanya memberikan daftar makanan yang diurutkan berdasarkan abjad.

Walaupun lama tinggal di Jakarta, makanan getuk dan kerak telur, hanya lihat pada saat ke pekan raya. Nah, kalau gado-gado sering menikmati. Tentunya anda juga sudah pernah mencicipi yang namanya Gado-gado. Makanan dengan berbagai macam sayuran rebus yang ditata di piring lalu disiram pakai bumbu kacang. Ada yang menggunakan kacang tanah, ada juga yang menggunakan kacang mete dan mungkin juga jenis kacang lainnya. Ada yang suka pedas dengan berbagai tingkatan level pedas, dan ada juga yang suka agak manis atau asin.

Resep rahasia gado-gado sudah dikenal sejak lama sebagai saladnya orang Indonesia. Kombinasi sayuran segar, kentang, tempe, dan tahu berpadu lezat dengan bumbu gado-gado yang khas dibuat dari kacang. Tidak hanya menggunakan sayur, gado-gado juga terkadang disantap dengan tambahan telur rebus, bahkan lontong atau nasi. Tentunya ada juga yang makan gado-gado dengan ayam opor, udang atau daging dan berbagai lauk pauk lainnya.

Ada langganan gado-gado yang enak dekat rumah. Saya sering memesan via gofood, biasanya makan pada akhir pekan. Sukanya makan gado-gado kalau banyak bumbu kacangnya, juga yang ada telurnya. Kalau perlu telurnya 2 butir, biar banyak dan lebih bergizi. Selamat menikmati sarapan anda, mau makan gado-gado silakan. Mau pakai nasi atau lontong, boleh koq. Ditambah dengan telur juga boleh. Sekalian jadi santapan makan siang. Ayo tetap semangat, semoga sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: