Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Kuliah Lagi

hero
Annisa N Fauzi
·
01/08/2022

14 Juli 2022 – Setelah menyelesaikan S2 sekitar 20 tahun yang lalu, rasanya kembali ke bangku kuliah merupakan salah satu pilihan yang sulit. Namun, akhirnya saya mencoba untuk mendaftar pada dua universitas negeri di Indonesia yang bisa memenuhi ilmu yang saya butuhkan. Setelah mengikuti proses pendaftaran, akhirnya saya memilih salah satu universitas tersebut. Alhamdulillah proses seleksinya berjalan lancar dan dinyatakan lulus.

Sebelumnya sudah mencoba mencari informasi dari beberapa universitas ternama di luar negeri. Dengan berbagai tawaran untuk kuliah online atau mengambil kursus singkat. Kelihatannya materi pembelajaran yang dibawakan kurang sesuai dengan kebutuhan saya, dan mungkin saya akan kesulitan dengan berbagai materi belajar dalam Bahasa Inggris. Yah, sudahlah pilih yang dalam negeri saja, yang penting bisa menerima banyak masukan untuk pengembangan kemampuan.

Kuliah pertama, kedua dan ketiga terlewati. Tentunya ada tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dalam setiap sesi kuliah, terkadang dosen menanyakan istilah-istilah tertentu yang sangat mendasar. Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda untuk S1 bidang teknik dan S2 bidang ekonomi, kembali saya memilih S3 dengan disiplin ilmu yang berbeda. Hal ini menyebabkan saya harus memahami dasar-dasar konsep keilmuan dari jurusan kuliah yang saya pilih. Nah, dinikmati saja prosesnya.

Mulailah kegiatan untuk mengumpulkan berbagai tulisan, makalah, jurnal dari hasil penelitian. Juga mencoba membaca berbagai literatur serta membeli berbagai buku. Entahlah, akan dibaca atau tidak, sesempatnya saja. Kelihatannya, semakin banyak buku yang saya baca, semakin banyak yang saya tidak tahu. Hmm… kumpulan buku menjadi teman bacaan, termasuk buku lama yang tersimpan di lemari. Nah, konsep penelitian yang dari awal saya ingin bahas, menjadi lebih banyak masukan, berharap bisa diselesaikan dengan baik dan ada manfaatnya.

Kuliah perdana, langsung ditunjuk mengkoordinasikan pembagian tugas. Kayaknya, kebiasaan berkomunikasi dan melayani orang lain menyebabkan saya ditunjuk oleh rekan-rekan dan dosen. Entahlah, belum tahu saja mereka bahwa tugas saya banyak. Yang jelas saya harus membagi tugas yang harus mereka bahas dalam jadwal kuliah selanjutnya.

Tentunya kuliah ini membawa saya untuk mengenal orang lain dengan berbagai jabatan yang berbeda. Berharap bahwa ada berbagai bahan diskusi yang menarik untuk dibahas bersama rekan-rekan baru. Dengan latar belakang industri yang berbeda dan mungkin saja mereka belum mengenal yang namanya contact center atau dunia pelayanan pelanggan.

Diantara banyak kegiatan yang tidak dapat dihindari. Semoga bisa menginspirasi bahwa menuntut ilmu tidak ada batasan usia, selama kita mau melakukan yang terbaik. Tetap semangat untuk belajar dan melahirkan karya. Teriring salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: