Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Latto-Latto

hero
Annisa N Fauzi
·
06/02/2023

8 Januari 2023 – Permainan ini merupakan permainan yang tampak sederhana telah menjadi populer belakangan ini. Permainan ini telah dimainkan oleh berbagai kalangan, seperti tampak pada berbagai video di media sosial. Bahkan dalam salah satu kunjungan Presiden juga mencobanya. Walaupun tidak berhasil menyelesaikan permainan ini, tetapi telah mendapatkan sorotan yang menarik.

Istilah latto-latto, dalam Bahasa Bugis, berarti “Benturan yang menimbulkan bunyi”. Pengulangan kata menyatakan bahwa kegiatan tersebut berulang. Mungkin juga ada bahasa daerah lain yang menggunakan istilah ini. Berbagai referensi yang tersebar di internet memberikan berbagai gambaran berbeda. Ada yang menyatakan bahwa permainan ini bermula di kawasan Amerika dengan menggunakan bola kaca. Permainan latto-latto atau dalam bahasa Inggris adalah clakers ball, yang merupakan permainan dua buah bola plastik yang digantungkan pada tali yang seimbang. Sebuah cincin dikaitkan pada ujung talinya untuk menyelipkan jari, sehingga bisa tergantung.

Untuk memainkan latto-latto dengan cara mengayunkan bola sampai keduanya berbenturan dan mengeluarkan bunyi tak tak tak. Meski memainkan permainan ini terlihat sangat mudah, tetapi butuh keahlian dan konsentrasi tinggi untuk mempertemukan kedua bola plastik tersebut. Dibutuhkan keahlian untuk mempertahankan permainan ini dalam jangka waktu tertentu, butuh konsentrasi, dan keahlian menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah.

Kita biarkan peneliti yang mengkaji darimana permainan ini berasal. Namun kita lihat dampak positif dan negatif dari permainan ini bagi anak-anak. Secara positif permainan ini telah membantu melatih kemampuan motorik anak. Selain itu permainan ini butuh kepercayan diri, sehingga membantu meningkatkan rasa percaya diri. Sebagian kalangan menganggap bahwa permainan ini membantu meningkatkan kecerdasan anak serta mengontrol emosi.

Dampak negatif dari permainan ini adalah mengganggu kenyamanan, karena dimainkan pada waktu yang tidak tepat. Terkadang ada yang memainkan pada jam tengah malam, mungkin ia penasaran belum berhasil menyelesaikan permainan ini. Jadinya latihan-latihan yang mengganggu orang lain, apalagi bunyi yang ditimbulkan berisik. Mungkin perlu dipasang alat peredam suara, supaya permainannya tetap dilaksanakan tanpa mengganggu orang lain. Namun memang disadari bahwa justru bunyi tersebut yang membuat alat ini lebih menarik. Apalagi jika dimainkan bersama banyak orang.

Yang paling penting adalah permainan ini telah membantu mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget. Artinya sebenarnya ada peluang untuk mengalihkan anak dari bermain game online ke permainan motorik.

Diperlukan upaya bersama dari perancang, pelaku media sosial, dan pemangku kepentingan untuk menyediakan berbagai permainan interaktif yang bisa mendorong anak-anak lebih aktif dibandingkan bermain gadget.

Nah, mari terlibat menyelamatkan generasi penerus dari fokus mereka terhadap gadget dan mengalihkan pada permainan yang lebih baik. Jika latto-latto menjadi salah satu contoh dan masih mengganggu, minimal biarkan mereka mencobanya. Kemudian temukan lagi cara atau permainan yang lebih baik. Kita berharap bahwa semua itu menjadi upaya terbaik untuk memberikan pembelajaran bagi generasi selanjutnya. Teriring salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: