Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Manager

hero
Annisa N Fauzi
ยท
30/05/2022

17 Mei 2022 – Suatu saat saya berbincang dengan salah satu manager. Saya sampaikan bahwa sebagai Manager kita punya tanggung jawab untuk memimpin orang lain, sehingga bisa mencapai targetnya. Yakinlah bahwa setiap anggota tim yang kita pimpin juga punya keinginan untuk menunjukkan prestasi dan mengembangkan diri. Mungkin saja mereka tidak tahu caranya, untuk itulah ada manager yang menunjukkan caranya. Sederhananya, seorang manager harus mencari tahu cara terbaik untuk melaksanakan tugas.

Ada kondisi tertentu yang menyebabkan seorang manager mengalami penurunan semangat. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kerja, beban kerja, atau permasalahan pribadi. Untuk itu, mereka berhadapan dengan upaya mencari tahu dan menyemangati diri sendiri sebelum memotivasi anggota tim. Begitulah, semakin banyak anggota tim yang kita pimpin, maka semakin besar tanggung jawab untuk membuat mereka semua mencapai targetnya. Berpikirlah bahwa target yang telah ditetapkan merupakan sesuatu yang mereka bisa dicapai.

Beragam tantangan yang dihadapi anggota tim sehingga kita harus mempunyai formula tertentu untuk meningkatkan semangat mereka. Selain itu kita harus memperhatikan pemahaman mereka terhadap informasi produk, ketentuan, kebijakan dan prosedur kerja. Tak lupa mengembangkan keterampilan mereka untuk menyelesaikan tugas dengan produktivitas yang tinggi.

Kenapa kita harus peduli? Karena kita adalah manager mereka, yang seharusnya tahu tujuan yang ingin kita capai. Kita harus bisa memberdayakan sumber daya yang kita miliki untuk memberikan hasil atas pekerjaan yang kita lakukan. Sebagai manager kita menyeimbangkan antara ketersediaan sumber daya dalam efisiensi, sehingga bisa menghasilkan secara maksimal dalam efektivitas.

Target sebagai manager hanya bisa tercapai, jika target aggota tim tercapai. Target manager seharusnya berhubungan erat dengan target yang diberikan kepada anggota tim. Jangan sampai terjadi, target manager tercapai, pada saat mayoritas anggota timnya tidak tercapai. Hal yang sama terjadi, jika perusahaan untung, pastinya banyak karyawan yang berprestasi dan mencapai targetnya.

Jika pada akhirnya belum semua anggota tim bisa mencapai targetnya, minimal kita sudah berupaya membangun dan memberdayakan potensi mereka. Kita telah berupaya menciptakan kondisi yang memungkinkan mereka berprestasi dan berkembang. Kita merencanakan, mengatur, mengawasi, membimbing, mengevaluasi serta kita mengapresiasi hasilnya. Begitulah manager yang saya pahami, dan ingin selalu saya share dalam berbagai sesi pelatihan.

Hari ini kesempatan saya juga membawakan salah satu pelatihan contact center di Semarang. Ingin banyak berbagi dan mendiskusikan berbagai aspek manajemen dalam pelayanan pelanggan. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan menjalankan setiap aktivitas. Salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: