Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Penampilan

hero
Annisa N Fauzi
·
22/08/2022

6 Agustus 2022 – Pernah dengar pribahasa “Dont Judge a Book by its Cover“, yang artinya bahwa kita sebaiknya jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja, tetapi lihat juga melihat sisi lain yang mungkin tak terlihat hanya dari penampilannya. Bisa jadi, kita terjebak dengan penampilan luarnya saja.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak kita banyak dipengaruhi oleh penampilan luar. Ketika kita bertemu seseorang, kita cenderung mudah percaya pada beberapa hal yang mudah terlihat. Bisa dari wajahnya, senyuman, pakaian yang dikenakan atau perlengkapan yang digunakan, bisa juga kendaraan yang digunakan, handphone, tas, minuman yang diminum, atau tempat duduk atau bahkan cara ia duduk atau cara menatap kita.

Begitu juga saat kita diajak bertemu seseorang yang polos tanpa riasan dan pakaian seadanya. Otak kita seketika menterjemahkan orang tersebut sederhana atau kurang perawatan. Memang, ada dualisme pandangan dalam suatu penampilan, tergantung pada selera yang melihatnya. Hal yang sama pada saat kita bertemu seseorang yang sedang menenteng salah satu minuman kopi bermerek, kita mungkin mempersepsikan selera tertentu. Pada saat kita masuk hotel, bandara, swalayan, restoran atau bahkan tempat pelayanan publik, kita menemukan petugas dengan penampilan yang menarik.

Penampilan yang rapi dan serasi disiapkan dengan baik oleh berbagai unit pelayanan. Bisa dengan menyediakan seragam atau perlengkapan yang melekat pada pakaian petugasnya. Ada yang menyediakan alat kerja yang canggih, bermerek dan dibungkus dengan tampilan luar yang menyejukkan mata. Ada pula yang memilih lokasi, gedung, furnitur, dan berbagai hal tangibel lainnya. Semua itu untuk membangun rasa percaya pelanggan.

Begitu juga aplikasi mobile, website, email marketing dan social media. Penyedia jasa atau produk menyiapkan dengan tampilan yang tertata dengan baik. Kita berbelanja secara daring pada aplikasi mobile dengan produk yang menarik mata. Belum tentu produk itu berfungsi dengan baik atau sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, kita dengan mudah untuk memasukkan ke dalam keranjang belanja. Begitulah penampilan mempengaruhi kita untuk melakukan pembelian.

Apapun penampilan Anda, pastikan Anda bahagia. Dengan memberikan senyum anda, maka secara tidak langsung anda sudah memberikan penampilan yang menyejukkan mata. Salam sehat dan bahagia, semoga sukses menyertai kita semua. (AA)

%d bloggers like this: