Telexindo-logo

Celoteh Pagi: Work From Anywhere

hero
Annisa N Fauzi
·
05/09/2022

12 Agustus 2022 – Pagi ini, setelah 2 bocah berangkat ke sekolah, saya temani istri menonton, pilihannya drama pengacara yang autis, Woo Young Woo. Sambil menonton, ia juga bercerita banyak hal, mungkin karena beberapa hari tidak sempat cerita, jadinya banyak yang mau diceritakan. Untuk itu saya menjadi pendengar yang baik dan tak terasa drama selesai, waktu sudah menunjukkan pukul 07:50.

Saatnya untuk sarapan, maka lanjut dengan menemani si sulung yang sedang sarapan dan akan berangkat kerja. Dengan menggunakan microwave makanan dari freezer bisa cepat menjadi panas dan siap disantap. Sambil menimati sarapan, cerita istri berlanjut dan berbagai topik hangat. Termasuk cerita keluarga di kampung halaman dan berbagai berita yang menjadi perbincangan di media sosial.

Tiba-tiba, istri saya bertanya, “Tidak kerja pa?”. Sambil memegang handphone, saya sampaikan, “Ini sedang kerja.” Biasanya pagi hari saya ada kelas pelatihan atau ada kelas kuliah, jadinya ia bertanya. Begitulah, bekerja dari mana saja bisa dilakukan dengan any device dan any where. Selama ada jaringan internet memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan karyawan.

Tadi, sambil mendengarkan istri, saya bisa multi-tasking dengan memberikan beberapa instruksi kepada tim. Juga menjawab telepon dan mengkoordinasikan beberapa hal via whatsapp. Rasanya pagi hari sudah menyelesaikan beberapa hal mengenai pekerjaan. Berhubung istri juga sudah selesai bercerita, maka saatnya saya menulis #celotehpagi.

Dengan kecepatan internet di rumah yang lumayan kencang dibandingkan rata-rata rumah lainnya. Memang menyebabkan saya lebih mudah melakukan beberapa tugas di rumah. Kamar tidur dijadikan tempat kerja yang asik dan jika agak lelah, bisa tidur dulu. Maklum usia menyebabkan tubuh gampang lelah. Namun, waktu kerja juga menjadi lebih panjang. Terkadang sampai malam, tetapi saya juga kontrol waktunya, maksimum jam 21:00 WIB.

Pada saat kita bekerja secara remote atau work from anywhere, maka dibutuhkan motivasi diri untuk mengatur jadwal, mengatur diri untuk memulai pekerjaan. Berbagai hal perlu disesuaikan, sehingga kita bisa secara proaktif memulai hari dan menyelesaikan tugas. Namun, kita juga harus mengendalikan batas waktu untuk menangani pekerjaan dan batasan melakukan hal yang bersifat pribadi. Jika tidak bisa, maka sebaiknya berangkat ke kantor.

Nah, selamat menikmati waktu kerja anda. Semoga memberikan manfaat atau hasil kerja yang maksimal. Tetap jaga diri dengan memperhatikan protokol kesehatan. Salam sehat dan bahagia. (AA)

%d bloggers like this: