Komunikasi Keluarga

Celoteh Pagi : Komunikasi Keluarga
Instagram : @telexindobizmart

Proses komunikasi antara anak dan ayah menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan. Pentingnya menyampaikan sesuatu kepada anak dan orang tua dengan komunikasi yang baik. Dengan landasan iman yang baik, maka dapat menyampaikan informasi dengan baik. Ketika Ibrahim mendapatkan mimpi perintah untuk menyembelih anaknya, ia menyampaikan ke ismail dengan baik. Ismail juga dapat menerima berita tersebut sebagai perintah dari Allah SWT.

Komunikasi antara anak dan orang tua menjadi bahasan dari ustadz yang disampaikan dalam ceramah pagi ini. Komunikasi tersebut bisa menjadi contoh bahwa pentingnya untuk berkomunikasi dalam keluarga dengan baik. Dengan menyampaikan sesuatu dengan bahasa pesan yang baik, maka dapat dipahami serta dijalankan dengan suka cita.

Ikatan emosional antara anak dan ayah terkadang menjadi hambatan dalam mengkomunikasikan sesuatu. Rasa sayang, perhatian dan harapan yang tinggi pada anak menyebabkan ayah atau ibu terkadang cenderung emosional dalam menyampaikan sesuatu. Begitu juga anak yang merasa bahwa selalu mendapatkan kemudahan dan perlindungan, akan menyebabkan rasa ingin dikasihani.

Pada saat emosional dikedepankan, maka hambatan komunikasi dapat terjadi. Hal ini yang menjadikan komunikasi antara anak dan ayah atau ibu menjadi lebih sulit. Pesan yang seharusnya sederhana, bisa menjadi rumit karena terkesan menjadi perintah, keharusan atau beban. Padahal jika perintah tersebut disampaikan oleh orang lain, dianggap sebagai tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Namun kita juga senang jika melihat ayah, ibu dan anak bisa bercanda ria, bisa menikmati suasana bersama, bahkan bermain bersama. Begitu juga jika bisa berkumpul dengan keluarga, bersama adik atau kakak, kakek dan nenek serta keluarga lainnya. Terjalinnya komunikasi saat ini dimudahkan dengan adanya berbagai jaringan komunikasi. Namun tetap saja kurang, karena tidak dapat bertemu.

Dengan tulisan ini, semoga kita semua bisa menyampaikan sesuatu dengan baik dan benar. Semoga kita diberikan kesehatan dan keselamatan serta dikuatkan dan dimudahkan dalam menjalani kehidupan. Aamiin. #CelotehPagi (AA)