Logo

Tahukah anda bahwa Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI hari senin yang lalu meresmikan logo baru. Hal ini dilakukan bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun KAI yang ke 75 tahun. Terlihat bahwa dengan logo barunya KAI mengubah total logo yang terakhir digunakan sejak 2011.

Logo baru yang digunakan berbentuk lebih sederhana dan menyatu. Logo berupa 3 huruf KAI yang dibuat dengan gaya italic atau tulisan miring. Penggunaan huruf ‘A’ yang diberikan aksen bentuk rel kereta api yang digambarkan dengan dua garis menyambung ke atas. Berdasarkan penjelasan logo bahwa hal ini melambangkan harapan untuk memajukan perusahaan sebagai ekosistem transportasi yang terbaik dan bersinergi. Sementara itu penggunaan gaya huruf italic menggambarkan karakter perusahaan yang progresif, terbuka, dan terpercaya.

Logo baru KAI menggunakan dua warna. Yang pertama menggunakan warna biru pada huruf K dan I yang melambangkan stabilitas, profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri dari perusahaan. Yang kedua pada huruf A tetap mempertahankan warna orange yang menggambarkan antusiasme, kreativitas, dan tekad perusahaan. Pemilihan warna tentu mempunyai arti tertentu bagi setiap organisasi.

Tak hanya KAI yang pernah mengubah logonya, berbagai perusahaan melakukan perubahan-perubahan logo yang digunakan. Logo perusahaan tentunya dibuat untuk menampilkan gambar atau tulisan cantik dengan makna tertentu. Logo yang dapat menunjukkan ciri khas usaha dan menggambarkan harapan dari usaha. Logo sudah berfungsi sebagai identitas perusahaan yang akan melekat dalam persepsi masyarakat.

Pastinya ada biaya untuk melakukan perubahan itu, mulai dari jasa desain sampai dengan pencetakan berbagai identitas perusahaan. Seperti KAI, kemungkinan harus melakukan perubahan tidak hanya pada kop surat, pastinya melakukan perubahan pada gerbong, dan berbagai peralatan kerja yang mencantumkan logo. Tak sedikit biaya yang harus ditanggung untuk kebutuhan itu, berharap sebanding dengan semangat baru dalam pelayanan dan pencapaian bisnis perusahaan.

Mengapa suatu perusahaan harus melakukan perubahan pada logonya. Bahkan pada perusahaan yang sudah terkenal dengan logo tertentu serta sudah akrab dan dikenal masyarakat. Namun mereka juga tetap melakukan perubahan pada logo. Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab perubahan tersebut. Ada yang melakukan perubahan logo, sehubungan dengan perubahan rencana bisnis atau perubahan visi dan misi.

Ada juga yang melakukan perubahan logo karena adanya perubahan struktur organisasi. Ketika karakter pemiliknya berubah, maka dibutuhkan upaya untuk memaksimalkan sisi positif pemilik atau pengelola usaha. Bukan berarti ganti direksi atau menteri, kemudian ganti logo lagi. Namun bisa terjadi demikian. Selain itu, ada juga yang melakukan pergantian logo untuk mengikuti perkembangan zaman. Dengan logo perusahaan yang baru diharapkan mampu memberi angin segar dan harapan baru bagi perusahaan.

Begitu juga ICCA pernah mengubah logo, serta setiap tahun menggunakan tema berbeda untuk logo The Best Contact Center Indonesia. Perubahan logo The Best CCI setiap tahun memudahkan untuk mengenali kegiatan ini, seperti halnya lomba atau event tahunan lainnya. Dengan mencantumkan secara tegas tahun pelaksanaan lomba pada setiap logo. Ini sudah menjadi ciri khas dan menjadi bagian tersendiri dari peserta lomba. Berfoto di depan backdrop dengan logo The Best CCI yang ukurannya besar.

Jadi ingat rencana penggantian logo Telexindo, yang rencananya diumumkan pada saat ulang tahun yang ke-12 pada bulan Agustus 2020. Namun ditunda, supaya bisa lebih fokus dalam menjalankan proses transisi yang terjadi dan melaksanakan beberapa kegiatan. Logo Telexindo yang sudah digunakan sejak awal pembentukan, sebenarnya dari waktu ke waktu ada perubahan sedikit pada bagian tertentu dari logonya. Akan tetapi tetap dengan menggunakan 5 kotak dan tulisan Telexindo di bawahnya. Nah, kali ini rencananya melakukan perubahan lebih berbeda, karena ada perubahan yang terjadi pada Telexindo.

Membuat logo merupakan seni tersendiri. Saat ini proses pembuatannya lebih mudah dengan dukungan perangkat dan aplikasi komputer. Ketersediaan aplikasi yang instan yang bisa memberikan variasi logo, hanya dengan memilih kombinasi yang disediakan. Namun tetap dibutuhkan kemampuan untuk memadukan bentuk, simbol dan warna, sehingga memberikan arti tersendiri.

Bersama tim Telexindo, berbagai logo lahir dan digunakan dalam berbagai kesempatan. Selain melahirkan logo Telexindo, juga merancang logo untuk ICCA, The Best Contact Center Indonesia, logo APCCAL, logo CC-APAC dan berbagai pernak-pernik pendukungnya. Terkadang tidak sempurna dibandingkan desain dari tenaga profesional, akan tetapi itulah yang terbaik saat itu. Ada kesenangan tersendiri jika logo yang digunakan dapat diterima. Begitu lah sebuah karya, bukan terletak pada nilai uang yang diperoleh dari karya itu. Namun sebuah karya bernilai, jika mendapatkan apresiasi dan manfaat yang dirasakan orang lain.

Selamat ulang tahun buat KAI, selamat dengan logo barunya. Semangat pagi. #CelotehPagi (AA)