Pembekalan

Pembekalan

Jika kita akan bepergian dengan tujuan tertentu, maka kita perlu menyiapkan pembekalan. Bekal yang dapat digunakan selama perjalanan ataupun bekal yang dapat digunakan di tempat tujuan. Ada yang repot dengan sejumlah bekal makanan, ada pula yang praktis dengan cukup membawa kartu ATM dan kartu kredit. Ada yang menyiapkan dengan memesan hotel di tempat tujuan, ada pula yang akan memilih hotel yang tersedia pada saat tiba di tempat tujuan.

Hal yang sama dengan lomba The Best Contact Center Indonesia, setiap peserta lomba harus mendapatkan bekal yang cukup. Dengan demikian proses perjalanan selama mengikuti lomba dapat terasa manfaatnya dan peserta merasa sanggup untuk bersaing dengan peserta lainnya. Dalam pembekalan Peserta akan merasakan bahwa ada persaingan dengan peserta lainnya, yang sama-sama harus menyiapkan diri untuk menjadi lebih baik.

Untuk itu kali ini panitia pelaksana menyiapkan pembekalan buat semua peserta lomba individu. Selama 8 hari pembekalan untuk kategori berbeda, sesuai dengan kategori lomba yang akan dilaksanakan. Hari pertama dengan kategori agent inbound, dilanjutkan dengan hari kedua untuk back office, hari ketiga untuk outbound dan keempat untuk customer service.

Minggu berikutnya akan dilaksanakan dengan kategori supervisor, manager, team leader, quality assurance, desk control, support, trainer, dan agent sosial media. Menurut tim panitia, Anita Rizqiana, semua kegiatan ini dilaksanakan di Balai Kartini dan diikuti oleh majoritas peserta individu, yaitu kurang lebih 500 peserta. Semua peserta akan dibekali dengan persiapan materi presentasi, teknik presentasi, cara menjawab pertanyaan fish bowl, juga mendapatkan tryout test tertulis serta pembahasan soal dan kasus.

Berdasarkan pemantauan 3 hari pelaksanaan masih banyak peserta yang belum siap, belum punya konsep yang mau dipresentasikan dan belum memahami materi test tertulis. Walaupun sosialisasi telah dilakukan berkala, ada saja yang masih bingung dengan materi yang akan dilombakan. Kesempatan ini digunakan untuk menggali dan bertanya langsung ke pemateri yang dibawakan langsung oleh Andi Anugrah.

Sebaliknya ada juga yang lebih siap, bahkan ada yang mempunyai nilai test tertulis yang cukup tinggi. Artinya mereka mendapatkan pembekalan dan pelatihan yang cukup dari perusahaannya. Sebagai acuan panitia juga menyiapkan website untuk peserta download hasil tryout dan template lomba. Dengan demikian bisa dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan.

Panitia juga menyediakan buku-buku yang dapat dijadikan acuan dalam mengikuti teat tertulis dan menyiapkan presentasi. Beberapa peserta juga semoat mencoba untuk tampil menguji kemampuannya dalam menjawab pertanyaan fish bowl. (AA)