Sepuluh

Pada dasarnya semua hari atau tanggal adalah baik. Namun bagi yang ingin mengingat tanggal khusus, maka mereka merencanakan momen spesial pada tanggal 10-10-2020. Bisa digunakan bertunangan atau menikah atau kejadian lainnya. Termasuk hari ini bisa menerima beberapa undangan pernikahan secara virtual. Bagi pasangan tersebut dan keluarganya, tentunya akan mudah mengingat tanggal tertentu, sehingga bisa menjadi kenangan manis dalam kehidupan.

Ada juga yang menggunakan tanggal 10 tersebut untuk memberikan promosi khusus. Beberapa perusahaan e-commerce, perbankan, atau perusahaan retail lainnya tentunya menawarkan diskon khusus, voucher, dan berbagai penawaran dan paket menarik lainnya. Dalam kemasan belanja 10-10-2020, mereka berupaya memaksimalkan volumen penjualan, sehingga bisa menawarkan produk dengan harga khusus.

Bagi yang sering mengikuti perkembangan ini, tentunya hampir setiap bulan ada saja tanggal unik yang digunakan. Bulan Januari bisa dengan kombinasi 01-01-2020 atau 10-01-2020, kalau bulan Februari 02-02-2020 atau bisa juga 20-02-2020 dan seterusnya. Begitulah tanggal menjadi daya tarik tersendiri untuk melakukan penjualan. Kenapa ? pelanggan akan menunggu waktu tersebut dengan sejumlah promosi yang dilakukan.

Biar sedikit variasi celoteh pagi ini, Angka sepuluh adalah kombinasi angka satu dan nol, bisa juga berarti on dan off dalam angka binary. Bagi yang belajar digital angka 1 adalah on dan angka 0 adalah off, karena hanya ada angka 1 dan 0, tidak ada angka 2 sampai dengan 9. Dalam survei kepuasan pelanggan dengan metode NPS digunakan angka 0 sampai dengan 10. Kenapa sampai 10, bukankah angkanya cukup sampai 9 ? Nah, silakan tanyakan kepada penemunya.

Murid sekolah yang mendapatkan nilai 10, bisa berarti sangat bagus. Jika nilai tertinggi adalah 100, maka nilai tersebut menjadi yang jelek. Jika ada anak yang mengatakan, nilai dia 10, pastikan anda menanyakan nilai teman-temannya berapa. Jangan sampai anda sudah memuji dia, ternyata nilai teman-teman 90. he he he … ada yang pernah mengalaminya. Nikmati saja sebagai kenakalan masa sekolah.

Mungkin untuk menghindari salah persepsi tersebut, maka pada saat kuliah kita tidak diberikan nilai 10 atau 100, tetapi diberikan nilai A, B, C atau D. Huruf A mewakili angka 4, huruf B mewakili angka 3 dan seterusnya. He he he … ada juga sih dosen yang suka memberikan nilai E, mungkin supaya bisa ketemu lagi pada semester yang akan datang. Yang jelas dosen tidak memberikan angka 10 lagi atau masih ada yang menggunakan. Hmmm …

Begitulah angka sepuluh, bagaimanapun kita harus mengisi hari dengan aktivitas yang bermanfaat. Selamat menikmati hari, semoga berkenan adanya. #CelotehPagi (AA)