Spesifikasi

Celoteh Pagi : Spesifikasi
Instagram : @telexindobizmart

Setiap hari Minggu pagi, biasanya ada langganan kami yang mengirimkan bahan makanan. Tentunya makanan yang dikirimkan sudah dipesan terlebih dulu dengan spesifikasi tertentu. Walaupun sebenarnya tidak terlalu spesifik, tetapi penjualnya mampu menyediakan sesuai dengan yang diharapkan. Ia mampu memilih bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari sayuran, daging, ayam, udang atau ikan yang disediakan selalu berkualitas sesuai dengan yang diharapkan. Harganya lebih mahal dan penjualnya juga menyampaikan bahwa ini lebih mahal dari yang biasanya ia sediakan pada gerobak dorong. Tentu harganya cukup pantas, sehingga pelanggan tetap memberikan kepercayaan. Sebagai tukang sayur keliling, memang dia menyediakan pelayanan khusus untuk pelanggan yang membutuhkan bahan makanan tertentu.

Hal yang sama dalam pekerjaan kita seringkali berhadapan dengan kondisi untuk menyediakan sumber daya dalam mendukung pelaksanaan pekerjaan. Mulai dari menyediakan tenaga kerja atau rekrutmen, menyediakan teknologi bahkan menyediakan alat tulis. Semuanya berawal pada penetapan spesifikasi yang tepat dan terukur. Dengan demikian pengadaan atau vendor yang menyediakan dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Spesifikasi merupakan sesuatu yang dapat diukur tingkatannya, baik atau buruk, mahal atau murah, cepat atau lambat. Dalam beberapa kondisi bahkan kita dapat mengukur dalam persentase 0% – 100%. Apakah kita membeli suatu teknologi dengan spesifikasi tertentu, misalnya notebook, dengan spesifikasi prosesor, memory, storage, screen dan keyboard tertentu ? Atau kita akan melihat dari aplikasi yang tersedia sebagai paket ?

Kita bisa membeli notebook yang sudah lengkap dengan aplikasinya seperti Mac Apple, Surface Microsoft, atau Chromebook Google. Bisa juga membeli yang hanya memperhatikan hardwarenya, yang nantinya kita bisa isi dengan aplikasi sesuka kita. Apakah kita harus membeli yang paling lengkap atau yang terbaru teknologi ? Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika level 3, sudah cukup dan memenuhi kebutuhan, kenapa kita membeli yang level 10. Harganya lebih pantas dan sesuai, sehingga level 3 menjadi spesifikasi yang kita gunakan.

Dalam banyak kasus kita sering membeli atau melakukan pengadaan dengan spesifikasi yang terlalu tinggi, sehingga menjadi mahal. Walaupun pada akhirnya keunggulan spesifikasi tersebut tidak digunakan. Bisa disebabkan tidak ada tenaga kerja yang menggunakannya, atau bisa juga karena tidak ada yang tahu cara kerjanya. Pada kesempatan yang lain kita membeli sesuatu dengan harga murah, tetapi spesifikasinya lebih rendah. Kemudian kita sibuk untuk mengurusinya, karena berbagai kekurangan yang harus ditangani secara manual dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak.

Bagaimanapun spesifikasi perangkat yang baik harus didukung dengan tenaga kerja yang kompeten dalam mengendalikan. Sebaliknya tenaga kerja yang punya kompetensi yang tinggi harus diberikan perangkat kerja dan pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasinya. Begitu juga kita dilahirkan dengan spesifikasi tertentu dan selanjutnya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan, maka kita harus menggunakannya dengan perilaku yang positif dan menjadi kebiasaan untuk berbuat baik yang bermanfaat.

Begitu juga pengetahuan yang kita miliki, maka Ilmu yang bermanfaat adalah yang dibagikan kepada orang lain. Bisa jadi itu spesifikasi yang kita miliki. Nah, Apa yang menjadi spesifikasi anda ? Semoga berkenan adanya. #CelotehPagi (AA)