Ujian

Kembali menyapa anda, setelah beberapa hari menghilang mempersiapkan ujian indvidual The Best Contact Center Indonesia 2020. Setiap pagi berbagai kesibukan menantang diri untuk terus aktif melakukan sesuatu termasuk menulis. Ini bagai sebuah ujian yang selalu menguji konsistensi kita untuk terus menulis dan menulis lagi. Menuangkan ide, isi pikiran atau sekedar inspirasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Bagi anda yang suka olah raga pagi, sebuah tantangan untuk anda melakukannya terus menerus. Anda harus menantang diri dan menciptakan berbagai alasan untuk terus melakukannya. Membuat anda merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya. Walaupun hanya sekedar gerakan senam, jalan santai, atau bersepeda keliling kompleks perumahan. Jika anda sudah terbiasa, tentunya ada saja yang kurang. Begitulah kebiasaan, akan tetapi memulainya tentu tidaklah mudah.

Bagi anda yang terbiasa berangkat pagi ke kantor, diam di rumah tentunya merupakan tantangan tersendiri. Terbiasa bekerja dengan orang lain, berdiskusi secara tatap muka dan berbagai hal bersama tim, akan menghadapi tantangan jika harus bekerja secara jarak jauh. Berinteraksi secara langsung tentunya suatu kenikmatan tersendiri yang hilang dari bekerja jarak jauh. Bagaimanapun pola kerja bebas pada awalnya terlihat memudahkan, akan tetapi kita tetap harus memotivasi diri untuk mulai melakukan sesuatu. Harus ada semangat untuk proaktif dan punya inisiatif, melakukan sesuatu tanpa perintah.

Bagi anda yang terbiasa belajar sesuatu secara tatap muka, tentunya akan menantang untuk belajar secara jarak jauh. Namun bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan video sebagai media belajar, maka anda akan mudah untuk belajar melalui video conference. Banyak gangguan yang terjadi pada seseorang belajar secara mandiri, utamanya memacu inisiatif dan minat memperlajari sesuatu. Pola belajar jarak jauh bagi pelajar atau mahasiswa atau karyawan saat ini sebenarnya mudah dengan jarak jauh. Namun yang hilang adalah suasana berkumpul, bermain dan bercanda, mungkin juga kehilangan suasana makan bareng di kantin sekolah.

Ada banyak hal yang berubah dalam cara kita menyikapi kondisi saat ini. Sebagai sebuah ujian, bukanlah kita sibuk menyalahkan soalnya yang sulit. Tetap tenang untuk mengerjakan dan mencari cara untuk menyelesaikan dengan baik. Menikmati sebagai proses perubahan pada sikap, pikiran dan tindakan kita. Mengubah pola kerja, mengubah pola belajar, mengubah kebiasaan-kebiasaan di rumah dan berbagai hal lainnya. Perubahan pasti terjadi, kemampuan kita beradaptasi merupakan karunia yang patut kita syukuri.

Kita sedang dalam proses menanti bahwa semua akan kembali seperti semula. Semoga hal itu akan terjadi. Namun waktu terus berjalan, kita tidak mungkin kembali ke masa itu, seperti kita merindukan masa-masa SMA. Hmmm … ada yang kangen masa SMA, ada apa yah. Sudahlah … tidak perlu mengingat siapa rekan sekolahmu yang paling menarik.

Mari kerjaan soal ujian kita dan nikmati prosesnya. Tulisan pagi ini juga menyemangati saya untuk tetap menulis dan mengisi pagi dengan sesuatu. Menyapa anda semua yang tetap semangat melewati semua ujian dan tantangan ini.

Selamat menikmati pagi, salam sehat selalu. #CelotehPagi (AA)