WhatsApp API

Beberapa hari yang lalu disibukkan dengan berbagai permintaan melalui whatsapp. Utamanya untuk menangani berbagai kebutuhan peserta lomba, juri dan anggota ICCA mengenai berbagai hal tentang lomba The Best Contact Center Indonesia 2020. Beragam kebutuhan yang harus ditangani satu per satu, sehingga menyibukkan panitia untuk menanganinya.

Helpdesk ICCA yang selama ini menggunakan whatsapp business dan hanya bisa dibuka dari 2 device, handphone dan notebook. Dengan memanfaatkan group, kami ramai-ramai saling membantu berbagai permintaan. Tentunya berbagai permintaan yang tidak tercatat bisa terlewatkan. Sebaliknya ada juga permintaan yang sama yang dibalas atau dikerjakan oleh orang berbeda.

Tantangan ini menyebabkan kami mencari cara yang bisa membuka WhatsApp dari banyak device. Pilihannya adalah WhatsApp API, tetapi proses yang dibutuhkan ternyata tidak cepat. Mungkin prosesnya mudah, tetapi tidak bisa cepat, seperti halnya membuka WhatsApp business dengan menggunakan nomor handphone. Beberapa proses verifikasi harus dilakukan dan harus ditangani oleh pembuat WhatsApp yaitu Facebook.

Mencari solusi kesana-kemari, tidak menemukan yang cepat. Yah, kami akhirnya memutuskan tetap melakukan dengan kondisi yang ada. Yang penting semua tim siap memberikan tanggapan secepat mungkin. Hasilnya, Alhamdulillah proses lomba individual telah berlangsung dan kami bisa melewatinya dengan lancar. Ada jam-jam tertentu yang membuat WhatsApp tim Telexindo penuh dengan berbagai pesan, baik melalui group maupun japri.

Menyadari pengalaman tersebut, kami akhirnya mencoba bernegosiasi dengan salah satu vendor WhatsApp API. Kami mengajak untuk memberikan sharing mengenai solusi ini, sekaligus meminta kesediaannya untuk memberikan paket khusus untuk member ICCA. Jadilah Technology Sharing yang akan dilaksanakan Jumat 16 Oktober 2020.

Bagi yang ingin mencoba solusi tersebut, disediakan registrasi trial gratis yang dapat diakses melalui https://bit.ly/whatsapptrial dan berharap ini menjadi kesempatan yang baik bagi member dalam menerapkan solusi whatsapp API. Dengan solusi ini akan mendapatkan tanda centang pada whatsapp, sehingga meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas. Solusi dilengkapi dengan penyimpanan chat dan analisa data serta tentunya akses satu nomor Whatsapp untuk banyak agent.

Menarik untuk mencobanya, jadi pastikan besok mengikuti sesi sharingnya dan jangan lupa mengisi formulir di atas untuk mendapatkan uji coba aplikasi Gratis. Tentunya ini bukan solusi satu-satunya, kami juga mengajak semua vendor teknologi contact center untuk mengisi berbagai kegiatan sharing teknologi. Rencananya kami akan melaksanakan “Virtual Exhibition Startup Contact Center Solution” pada 18 November 2020. Untuk mengajak startup berbagi mengenai solusi contact center.

Semoga berkenan adanya. #CelotehPagi (AA)