Telexindo-logo

3 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan

hero
Annisa N Fauzi
ยท
12/04/2022

Hai sobat Agent!

Setuju gak sih, kalau rasa percaya diri itu sangat penting bagi agent saat memberikan pelayanan? Tentu saja sikap percaya diri agent ditunjukkan dengan kemampuan untuk memberikan informasi dan solusi. Dalam mengungkapkan informasi tidak terkesan ragu-ragu sehingga informasi yang disampaikan akan membantu mengatasi kegelisahan pelanggan.

Berikut ini ada 3 cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, agar sobat agent lebih maksimal dalam memberikan pelayanan.

  1. Kuasai Product Knowledge
    Memahami product knowledge merupakan salah satu kewajiban bagi seorang agent contact center sebelum terjun pada operasional pelayanan. Dengan memahami product knowledge, agent akan lebih percaya diri ketika memberikan informasi pada pelanggan.

Saat agent mampu memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan, maka kepercayaan pelanggan akan meningkat. Dengan demikian situasi pembicaraan menjadi lebih nyaman dan agent juga akan tampil lebih percaya diri dengan seluruh informasi yang disampaikannya.

  1. Variasikan Intonasi Bicara
    Ada beberapa teknik komunikasi yang perlu dikuasai oleh agent contact center, salah satunya adalah Intonasi Bicara. Saat memberikan informasi kepada pelanggan intonasi menjadi faktor penting yang akan memperngaruhi kepercayaan pelanggan.

Intonasi yang lambat akan menunjukan keraguan dari seorang agent contact center. Menggunakan intonasi yang lambat hanya dilakukan untuk menunjukan empati atas kendala yang dihadapi pelanggan. Berbeda hal nya apabila agent sedang menyampaikan informasi, maka lebih baik menggunakan intonasi yang tegas, ada penekanan pada poin-poin penting yang menunjukan kepercayaan diri. Intonasi bicara juga diharapkan tidak terlalu cepat karena dapat menyebabkan pelanggan tidak bisa menangkap dengan baik informasi yang agent sampaikan.

  1. Mood Management
    Agent contact center merupakan profesi yang terlibat dalam operasional pekerjaan berulang. Maka dari itu, mengatur mood sangatlah penting agar terhindar dari rasa bosan yang berdampak negatif pada pekerjaan.

Upayakan mood yang bagus sudah mulai terbentuk sejak pagi hari atau sebelum berangkat ke tempat kerja. Mood yang bagus akan membantu agent tampil optimal saat memberikan pelayanan, dengan begitu pelanggan juga akan merasa lebih nyaman dan yakin dengan segala informasi yang disampaikan agent contact center.

Masih banyak hal yang bisa sobat lakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan. Yang terpenting adalah sobat harus berusaha mempersiapkan yang terbaik, memberikan yang terbaik dan menyelesaikan kewajiban dengan baik.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semangat melayani (AAA)

%d bloggers like this: