Certified Contact Center Agent Sesi 1

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Telexindo Bizmart yang ke 12, Telexindo bekerjama dangan ICCA menyelenggarakan online training Certified Contact Center Agent. Program ini diberikan secara gratis kepada para agent contact center dari berbagai perusahaan baik member maupun non member ICCA.

Program ini dibuka secara umum dengan persyaratan khusus yaitu peserta adalah Agent Contact Center, mengikuti info program ini melalui instagram dengan me-follow @telexindobizmart, memberikan comment dan like.

Setelah melalui seleksi, maka ditetapkan sebanyak 300 peserta yang mendapatkan approval dan notifikasi melalui email yang dapat mengikuti pelatihan online sesi 1 sampai dengan 4. Tetapi hanya 100 peserta yang aktif mengikuti pelatihan dan quiz di Instagram yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti ujian online sertifikasi secara gratis.

Pelatihan Certified Contact Center Agent Online yang dimulai pada pukul 09:00 WIB ini diikuti oleh 106 peserta yang tergabung melalui aplikasi zoom. Pelatihan ini juga merupakan pelatihan sesi awal yang nantinya kan dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu hingga tanggal 8 Agustus 2020. Dibawakan langsung oleh Narasumber Andi Anugrah dan dipandu oleh Anita Rizqiana beserta Alyah Amalia, pelatihan ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari peserta yang terdaftar dari berbagai perusahaan.

Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui YouTube Channel agar peserta lainnya yang belum dapat bergabung melalui aplikasi zoom terkait kendala teknis dapat menyaksikan dan mengikuti pembelajaran secara langsung. Peserta yang mengikuti pelatihan Certified Contact Center Agent ini diberikan pemahan seperti mengapa seseorang menghubungi contact center, kenapa perusahaan harus menyediakan pelyananan contact center dan bagaimana seharusnya layanan contact center.

Peserta juga mempelajari mengenai proses pelayanan, Prosedur Pelayanan Kepuasan Pelanggan dan beberappa istilah yang sering digunakan untuk penilaian tingkat kepuasan pelanggan seperti Customer Satisfaction (CSAT), Customer Satisfaction Index (CSI), Customer Experience (CX), Customer Engagement dan Net Promotor Score (NPS). Selain itu mereka juga mempelajari dan mengenal istilah-istilah juga Teknologi Contact Center.

Pelatihan yang dilakukan dalam dua sesi ini, lebih banyak melakukan diskusi bersama para peserta, seperti salah seorang Agent yang bernama Lidya yang menanyakan mengenai apa yang harus dilakukan jika ada pelanggan yang tidak mendapatkan layanan sesuai prosedur dan tidak mau menutup telepon. Dari pertanyaan ini, Narasumber memberikan pemaparan secara detail kepada seluruh peserta apa yang sebaiknya dilakukan. Peserta juga dapat mempelajari cara melakukan hold dengan permission based yang baik yang harus diaplikasikan ke dalam pelayanan.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 2 jam ini, Narasumber juga memberikan 2 buah kuis yang dapat dikerjakan oleh peserta. Kuis pertama adalah beberapa pertanyaan yang terdapat di link Google Form yang dapat diakses oleh seluruh peserta dan yang kedua adalah Kuis yang Latihan yang harus dikerjakan di akun media sosial instagran @telexindobizmart. Semangat para peserta terlihat dari antusiasme yang tinggi dalam mengisi kolom komentar akun media sosial Instagram @telexindobizmart. Kegiatan pelatihan ini akan dilanjutkan kembali pada sesi berikutnya di 25 Juli 2020. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dan lebih semangat dalam melayani pelanggan. (WH)