Mengenal Aplikasi CRM

Dalam menangani complain dari konsumen, banyak perusahaan yang saat ini sudah menerapkan CRM. Aplikasi keluhan pelanggan ini akan membantu perusahaan menghandle semua keluhan pelanggan dan menanganinya dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan selalu merasa diperhatikan. Rasa perhatian tersebut menjaga pelanggan agar tetap setia dengan produk yang perusahaan jual kepada mereka.

CRM atau Customer Relationship Management adalah istilah yang akrab digunakab dalam dunia bisnis yang mengacu pada penggunaan aplikasi yang khusus menyediakan layanan keluhan pelanggan. Tentu saja dalam setiap bisnis yang dijalankan akan selalu ada keluhan dari pelanggan yang kiranya merasa tidak puas dengan layanan ataupun produk yang ditawarkan. Dalam poin ini, menjadi hadir dan dekat kepada pelanggan adalah suatu keharusan. Bagaimana tidak, jika pelanggan tidak didengarkan keluhannya, maka pelanggan-pelanggan ini akan lari dan mencari produk sejenis dari kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik. 

Di sini lah aplikasi CRM hadir. Ibarat sebuah wadah, CRM akan menampun semua keluhan pelanggan dan menyajikan kepada perusahaan untuk dengan segera di respon. Dengan perkembangan di dunia IT yang terus meningkat, CRM saat ini sudah berwujud sebagai sebuah sistem yang kompleks dan terintegrasi yang digunakan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan para pelanggannya.

Selain berbentuk aplikasi, CRM juga sudah menjelma menjadi sebuah metode bagaimana cara mengelola kebutuhan pelanggan dengan tepat dan efektif. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi CRM ke perusahaan, yakni meningkatkan kesetiaan pelanggan, mengurangi cost dan kegiatan operasional semakin efisien

Meningkatkan kesetiaan pelanggan Dengan semua informasi yang dikumpulkan melalui berbagai saluran seperti SMS, panggilan, email, hingga sosial media, maka perusahaan juga secara konsisten memahami para pelanggannya. Dengan berbekal data-data tersebut, perusahaan bisa menjadi lebih baik dalam mengeluarkan produk atau bisa juga digunakan sebagai langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan. 

Mengurangi Biaya, dengan menerapkan CRM, anda juga bisa mengurangi biaya pemasaran karena setiap produk sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Perusahaan tidak perlu melakukan survey market lagi karena semua data tentang pelanggan sudah anda miliki dan tinggal anda kelola.  

Kegiatan Operasional semakin Efisien , dengan banyaknya kemudahan yang di dapatkan dalam mengatasi keluhan pelanggan tersebut, maka nada sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif ataupun biaya birokrasi yang mungkin saja muncul. (WH)

Leave a Reply