Pentingnya Reward Bagi Karyawan

Pemahaman bahwa pentingnya memberikan reward/penghargaan kepada karyawan sampai saat ini masih saja belum menjadi prioritas perusahaan. Padahal pemberian reward/penghargaan bukan hanya untuk mempertahankan karyawan dari turnover, tetapi juga dapat untuk memotivasi karyawan agar bekerja lebih baik lagi. Dengan memberikan reward kepada karyawan dapat mendorong karyawan untuk memiliki prilaku dan sikap yang lebih positif dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Pernahkah Anda melihat seorang/beberapa karyawan yang berprestasi merasa kurang bersemangat dalam bekerja dan melakukan aktivitas?. Bisa jadi karyawan tersebut merasakan kurangnya penghargaan dan apresiasi atas prestasinya. Sekali lagi, masih banyak perusahaan yang tidak menyadari ini padahal ada beberapa poin krusial yang menjadi alasan mengapa reward begitu penting bagi perusahaan. Salah satunya adalah membuat karyawan lebih senang dan produktif. Sebenarnya apresiasi yang diberikan kepada karyawan tidak melulu harus berupa uang ataupun barang, bisa juga memberikan pujian seperti “Good Job!” atau pujian mengenai ide karyawan yang luar biasa. Hal tersebut dapat membuat karyawan merasa senang dan dihargai.

Dengan memberi reward dapat mendekatkan hubungan atasan dengan karyawan. Dikutip dari blog.ruangkerja.id yang mengutip money.usnews.com, biasanya pimpinan yang sering memberikan reward akan lebih dekat dengan karyawannya daripada pimpinan yang hanya senang memerintah. Hal tersebut penting, karena rasa nyaman dan percaya antara atasan dan karyawan mampu membuat situasi organisasi lebih kondusif.

Memberikan reward juga dapat mengurangi tingkat turnout karyawan. Dikutip dari sumber bmmagazine.co.uk kurangnya reward dapat meningkatkan turnover pada karyawan. Banyaknya karyawan yang keluar justru membuat perusahaan merugi. Bukan hanya rugi, bisa jadi perusahaan kehilangan karyawan potensial. Perusahaan harus kembali mengeluarkan biaya training bagi karyawan baru yang jumlahnya cukup besar. Daripada mengeluarkan biaya pelatihan untuk karyawan baru, nilai pengeluaran tersebut dapat dihemat dengan mempertahankan karyawan lama di kantor dengan memberikan reward.

Reward juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Saat seorang karyawan telah keluar dari perusahaan, gambaran perusahaan sebelum ia bekerja akan ikut bersamanya. Jika karyawan membagikan hal yang baik dari perusahaan sebelumnya, tentunya perusahaan tidak akan rugi. Namun jika sebaliknya yang dibagikan adalah sifat buruk perusahaan, justru perusahaan tersebut akan memiliki citra yang kurang baik. Pemberian reward juga berimpact besar pada mewujudkan goals perusahaan. Jika dengan memberikan reward dapat meningkatkan produktivitas karyawan, maka dengan karyawan yang produktif tersebutlah dapat memicu wujudkan goals/tujuan perusahaan. Karyawan akan berlomba-lomba untuk mencapai targetnya. Hal ini sangat positif karena dapat membantu perusahaan mencapai tujuan/goals.

Sebenarnya dari pembahasan tadi, rewards tidak harus berupa materi berupa uang, bonus ataupun barang. Cukup dengan pimpinan memberikan pujian/apresiasi atas hal positif yang telah di lakukan oleh karyawan, karyawan akan merasa senang dan akan meningkatkan motivasi kerja nya kembali. Dan perusahaan akan semakin maju. Mulai sekarang cobalah untuk memberikan setidaknya apresiasi untuk karyawan. Selamat mencoba. (WH)

Source :

  1. money.usnews.com
  2. bmmagazine.co.uk

One thought on “Pentingnya Reward Bagi Karyawan”