Perbaharui Pengetahuan Karyawan dengan Sosialisasi Rutin Tahunan

Nelisa Alasri sedang melakukan sosialisasi mengenai BPJS Kesehatan kepada para karyawan Telexindo yang berada di Cakra Radha Mustika

Beragam jenis aktivitas di dalam Bisnis PT Telexindo Bizmart adalah Partnership. Telexindo menawarkan model bisnis dan solusi contact center terpadu untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah outsourcing contact center yang berupa co-sourcing. Salah satu mitra kerja Telexindo dalam kegiatan Partnership tersebut adalah Cakra Radha Mustika.

Divisi yang menangani semua kegiatan Telexindo dengan Partnership adalah divisi Partnership Management Officer (PMO). Dalam hubungannya dengan mitra kerja, PMO mengadakan beragam aktivitas dan event dengan mitra kerja. Salah satu diantara kegiatan PMO adalah kegiatan sosialisasi rutin tahunan, seperti sosialisasi peraturan perusahaan, laporan SPT, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan sosialisasi biasanya diadakan sesuai dengan isu yang sedang hangat atau sesuai permintaan dari mitra kerja.

Kali ini, tepatnya pada Selasa, 11 Februari 2020 Tim Partnership Management Officer (PMO) menggandeng Divisi Human Resources Management Telexindo untuk ikut berpartisipasi dalam agenda Sosialisasi rutin tahunan mengenai BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan administratif karyawan yang diadakan dan diminta langsung oleh mitra kerja Cadra Radha Mustika yang berlokasi di Jalan Pemuda, Jakarta.

Dihadiri oleh seluruh karyawan Telexindo yang ditempatkan di Cakra Radha Mustika, sosialisasi ini dibawakan langsung oleh Nelisa Alasri. Didampingi oleh user Quality Monitoring Cakra Radha Mustika, Nelisa menjelaskan mengenai kebijakan baru mengenai BPJS Kesehatan dan administratif karyawan.

Beberapa hal yang dijelaskan oleh Nelisa adalah syarat-syarat bagi para karyawan yang baru saja memiliki anak yang ingin mendaftar BPJS kesehatan. Nelisa juga menjelaskan mengenai prosedur pelayanan dari BPJS tentang rujukan yang dapat ditempuh oleh karyawan yang dalam keadaan gawat darurat melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, Klinik Swasta, Dokter Praktek, Klinik TNI/POLRI yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Barulah karyawan dapat memilih fasilitas kesehatan tingkat lanjutan berupa rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, pelayanan lainnya dari BPJS Kesehatan yang dipaparkan adalah mengenai prosedur pelayanan kacamata. Pelayanan kacamata ini diperuntukkan bagi peserta BPJS kesehatan yang memiliki gangguan penglihatan, seperti miopi dan hipermetropi. Peserta akan memperoleh kacamata setelah melakukan pemeriksaan dengan melewati prosedur yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

Tidak luput dari penjelasan, Nelisa juga memaparkan mengenai peluncuran aplikasi terbaru dari BPJS Kesehatan yakni JKN Mobile yang sudah tersedia di Google Play ataupun App Store. Aplikasi tersebut sangat memudahkan karyawan yang merupakan peserta BPJS Kesehatan. Banyak menu yang dapat diakses, salah satunya adalah, mereka dapat mengakses ketersediaan tempat tidur, konsultasi dengan dokter, obat yang ditanggung, serta pelayanan pendaftaran. Karyawan juga dapat mengubah sendiri dengan mudah data milik mereka pada menu yang disediakan di JKN Mobile tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang berdurasi cukup panjang oleh para karyawan. Sebenarnya sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi karyawan Cakra Radha Mustika seputar benefit yang mereka dapatkan dari kepesertaan BPJS Kesehatan ataupun Ketenagakerjaan. Selain itu mereka juga mendapatkan informasi lengkap dan terbaru mengenai kebijakan-kebijakan BPJS. Diharapkan melalui kegiatan ini karyawan Cakra Radha Mustika lebih memahami dan mengetahui manfaat yang didapatkan sebagai peserta BPJS. (WH)

Leave a Reply