Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan

Hal penting apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan? Jawaban pastinya adalah meningkatkan layanan pelanggan. Tak peduli betapa besar produk Anda atau sebaik apapun staf yang Anda miliki, satu hal yang paling diingat pelanggan adalah interaksi langsung mereka dengan perusahaan Anda. Tim layanan pelanggan Anda menjadi wajah dari perusahaan Anda, dan pengalaman pelanggan akan ditentukan oleh kualitas customer support yang mereka terima.

Perusahaan yang kuat akan memiliki relasi pelanggan yang baik. Tapi perusahaan yang cerdas akan selalu bertanya, seperti apa pelayanan pelanggan yang baik? Bila Anda belum mulai mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan, maka hubungan Anda dengan pelanggan tidak akan mengalami kemajuan. Berikut beberapa tips tentang layanan pelanggan untuk mengidentifikasi cara lebih baik melayani customer.

Pertama-tama, penting untuk memastikan tim layanan pelanggan Anda memiliki kemampuan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Bila tidak yakin staf Anda memiliki customer service skill yang baik, lakukan survey atau wawancara ke pelanggan untuk mengetahui apakah tim Anda menunjukkannya.

Pengalaman pelanggan yang buruk di bagian manapun bisa merusak hubungan Anda. Selain memastikan skill yang tepat telah didemonstrasikan, Anda perlu pastikan staf layanan pelanggan Anda menerapakannya secara konsisten. Bila staf Anda telah memiliki skill yang dibutuhkan, itu jadi awal yang baik. Tapi mereka masih perlu terhubung ke pelanggan Anda Berikut beberapa tips untuk memastikan layanan pelanggan diterima dengan baik:

  • Berlatih mendengarkan agar pelanggan merasa didengar. Klarifikasi dan ulangi apa yang pelanggan katakan untuk memastikan Anda memahamai mereka. Bersikap empati dan refleksikan perasaan mereka dengan mengatakan, “Masalah ini pasti membuat Anda kesal,” atau “Saya bisa mengerti kenapa Anda merasa jengkel.”
  • Akui kesalahan Anda, meski ketika Anda lebih dulu menyadarinya sebelum pelanggan. Hal ini akan membangun kepercayaan dan mempertahankan rasa percaya diri, juga membuat Anda bisa mengontrol situasi, kembali fokus pada pelanggan, dan mengatasi masalah.
  • Lakukan follow up setelah masalah terselesaikan. Pastikan masalah telah diatasi dan pelanggan puas dengan layanan yang Anda berikan. Mengirim email atau survey feedback jadi cara tepat untuk memberitahu pelanggan Anda masih berada di pihak mereka.

Meningkatkan layanan pelanggan memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Ini juga jadi perjalanan tanpa akhir, tapi penting. Jadi, pastikan ini jadi momen Anda untuk meningkatkan layanan ke customer. (WH)

Leave a Reply