Telexindo-logo

Maksimalkan Program Telesales dengan 3 Hal Ini!

hero
Annisa N Fauzi
·
24/08/2022

Persaingan pasar saat ini hampir tidak bisa terhindarkan bagi perusahaan dengan produk yang memiliki banyak kompetitor. Manajemen marketing harus menyusun strategi sedemikian rupa agar penjualan bisa dilakukan dengan maksimal. Salah satu program yang juga dijalankan oleh contact center adalah Telesales. Melalui media telepon, calon pelanggan atau yang biasa disebut prospek akan dihubungi satu persatu untuk diberikan penawaran.

Pada pelaksanaannya, tentu akan banyak tantangan yang dihadapi saat menjalankan program telesales, salah satunya adalah kondisi dimana pelanggan membandingkan produk kompetitor yang dirasa lebih murah dan menarik. Bagimana cara menghadapi pelanggan yang membanding-bandingkan produk kita dengan produk pesaing? Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat menjalankan program telesales.

1. Product Communication
Saat perusahaan mengeluarkan produk baru, tentunya ada tim product design yang sudah mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sehingga produk yang dihasilkan tepat sasaran dan sesuai harapan pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan juga perlu mempertimbangkan antara biaya yang dikeluarkan dengan harga jual yang ditawarkan, sehingga produk yang dibuat memiliki batasan tertentu terhadap seluruh kebutuhan pelanggan tersebut. Sudah pasti, kebanyakan pelanggan menginginkan harga yang rendah dengan kualitas tinggi. Pada kondisi ini, perusahaan perlu menunjukan keunggulan produk dan hal inilah yang harus disampaikan kepada agent telesales. Agent perlu mengetahui dengan baik spesifikasi produk dan keunggulannya sehingga dapat percaya diri saat menawarkannya kepada pelanggan.

2. Competitor Product Research
Tidak hanya mempelajari poduk yang kita tawarkan, namun kita juga perlu untuk mempelajari produk pesaing. Hal ini dilakukan agar kita dapat membandingkan terlebih dahulu produk yang kita punya dengan produk pesaing sebelum pelanggan. Hal yang kita cari dari produk pesaing bukanlah kelemahannya, namun apa yang menjadi keunggulan produk yang kita tawarkan dimana hal tersebut tidak terdapat pada produk pesaing. Dengan memperkaya pengetahuan perbandingan antar produk, agent dapat memiliki lebih banyak referensi dan peluang untuk meyakinkan pelanggan.

3. Training Skill
Setelah produk didesign dengan baik dan memiliki keunggulan dari produk pesaing, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah training skill penawaran. Agent telesales diminta untuk dapat mengkomunikasikan maksud dan tujuanya dalam menawarkan produk. Penggunaan kalimat yang tepat, intonasi, artikulasi juga cara menghadapi penolakan yang baik perlu diperhatikan. Agent juga perlu menunjukan kepercayaan diri agar pelanggan juga percaya dengan apa yang disampaikan. (JUN)

%d bloggers like this: