Telexindo-logo

Tak Jadi PSE, Contact Center Bisa Diblokir?

hero
Annisa N Fauzi
·
19/08/2022

Beberapa bulan terakhir ini, berita tentang pemblokiran beberapa platform oleh KOMINFO sedang menjadi pembicaraan hangat di dunia maya. Adanya kebijakan terkait PSE ini membuat semua platform digital yang beroperasi di Indonesia perlu mendaftarkan situsnya pada pemerintah sebagai alat kontrol sistem jaringan di Indonesia.

Masih banyak platform digital yang belum mendaftar hingga batas waktu yang ditentukan oleh KOMINFO yang mana hal tersebut disampaikan melalui surat sosialisasi resmi. Hal ini menyebabkan situs atau platform-platform tersebut diblokir oleh pemerintah melalui KOMINFO. Akibatnya, beberapa pihak merasa dirugikan karena tidak lagi bisa mengakses situs yang biasa digunakan untuk aktivitas kerja, bisnis, dan lain sebagainya.

Ternyata, dalam pelayanan Contact Center juga mengenal istilah PSE yang perlu diterapkan agar hasil pelayanan bisa didapatkan dengan optimal. Namun, PSE yang dimaksud bukan Penyelenggara Sistem Elektronik, melainkan Provider Service Excellent. Contact center yang merupakan bentuk layanan pelanggan perlu menjadi provider service excellent sebagai wujud pelayanan yang unggul.

Kalau sebuah perusahaan punya komitmen untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, rasanya service excellent perlu diterapkan karena dengan memberikan pelayanan di atas harapan pelanggan, perusahaan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjaga loyalitas pelanggannya. Dampaknya, eksistensi sebuah brand perusahaan akan terus terjaga dan punya daya saing yang lebih besar.

Banyaknya pilihan produk menjadikan pelanggan punya kesempatan untuk memilih dan membandingkan produk mana yang cocok untuknya. Maka dari itu, loyalitas pelanggan seharusnya menjadi prioritas bagi perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya agar tidak berpindah ke produk pesaing.

Jika pelanggan Anda mengharapkan dua, maka berikan setidaknya tiga keuntungan yang bisa dia peroleh. Jangan merasa rugi dengan apa yang telah diberikan karena hal tersebut juga merupakan bentuk investasi yang akan menghasilkan kepercayaan pelanggan. Bukan hanya satu, tapi banyak pelanggan dan calon pelanggan-pelanggan lainnya.

Loyalitas pelanggan sangat penting untuk menjaga pangsa pasar sebuah produk dan layanan. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan karena tidak pernah memberikan pelayanan lebih yang hanya biasa-biasa saja. Yuk, berpartisipasi sebagai Provider Service Excellent agar layanan contact center Anda tidak ter”blokir” dari pelanggan Anda sendiri. (JUN)

%d bloggers like this: